Siswa SD Meninggal Gegara Dikeroyok Temannya, Disdik Tegaskan Bullying Harus Dicegah Dengan Upaya Keras

7

berantasonline.com (Sukabumi)

Pihak Kepolisian Polres Sukabumi Kota lakukan penyelidikan atas kasus meninggalnya salahsatu siswa SD di Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.

MHD (9) meninggal dunia diduga dikeroyok kakak kelasnya saat belangsungnya pembelajaran di sekolah pada Senin (15/05).

Sebelumnya, korban mendapatkan perawatan tim medis di salahsatu Rumah Sakit Swasta beberapa hari dan kemudian korban meninggal dunia.

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi, Jujun Junaedi, mengatakan, pihaknya masih menunggu hasil pendalaman dari kepolisian. Terkait sanksi bagi pihak sekolah, Kepala Sekolah atau bahkan guru kelas korban, itu tergantung hasil penyelidikan.

“Kita tunggu hasil pendalaman dari pihak kepolisan tentang penyebab dan TKP sebagai dasar tindak lanjut,” ujarnya, Senin (22/05/2023).

Ia menegaskan, Disdik akan mengajak aparat keamanan untuk memberikan arahan kepada guru dan peserta didik secara periodik.

“Untuk bisa lebih ketat lagi mengawasi gerak-gerik peserta didik. Dan yang lebih penting bullying dimanapun lokasinya harus kita cegah dengan upaya keras semua pihak,” tegasnya.

Sementara itu, sebagai upaya pencegahan peristiwa serupa terjadi lagi, pihaknya menekankan kepada sekolah-sekolah supaya ada guru piket yang mengontrol murid ketika diluar kelas, saat masih jam sekolah.

“Harus ada guru piket diluar kelas, mengontrol murid-murid. Agar peristiwa serupa tidak terulang lagi,” jelasnya.

(Alex/Ris)