Ketua DPRD Sukabumi Siap Maju Dalam Kontestasi Pilkada 2024

9

berantasonline.com (Sukabumi)

Pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sebentar lagi akan digelar yang rencananya pada 27 November 2024 mendatang. Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara menyatakan kesiapannya maju dalam perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) untuk Sukabumi.

“Pastinya kalau ada perintah dari partai, wajib untuk siap dan wajib siap untuk menang,” kata Yudha kepada awak media usai acara silaturahim dan buka bersama antara Gerindra dan PKB di Gedung Graha Hasim Adnan Desa Cibunarjaya Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi, Jum’at (29/03/2024).

Yudha yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Sukabumi itu menegaskan, pihaknya akan mengikuti arahan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD).

Menurutnya, DPC Gerindra yang dipimpinnya sudah mendapat perintah dari DPP maupun DPD untuk membuka komunikasi dengan partai-partai yang lain di Kabupaten Sukabumi, dan ia mengaku yang pertama menyambutnya adalah PKB.

Yudha pun mengatakan pertemuan dengan PKB akan langsung dilaporkan ke DPP sebagai bukti DPC Kabupaten Sukabumi menjalankan apa yang diperintahkan DPP.

“Dan hari ini kami laporkan kepada DPD maupun DPP, kebetulan kemarin saya baru pulang dari Bandung, dikumpulkan se-Jawa Barat, ada Sekjen DPP dan Ketua DPD Gerindra Jawa Barat,” tuturnya.

Menurut Yudha, sesuai arahan DPP Gerindra bahwa yang diharapkan maju dalam Pilkada Sukabumi adalah kader murni.

“Kami lihat siapa nanti figur (selain Yudha sendiri) yang akan bergerak, untuk maju di Pilkada, nanti kita serahkan kepada DPP. Tapi DPP mensinyalkan bahwa Gerindra ingin agar kader murninya masuk di kontestasi Pilkada,” tegasnya.

Jadi, lanjut Yudha, kader-kader murni selain dirinya juga harus mempersiapkan diri nantinya untuk bisa masuk di kontestasi Pilkada.

Kendati demikian, Yudha menyebut pihaknya juga tidak menutup kemungkinan menerima calon dari luar partai bisa masuk dalam kontestasi Pilkada 2024 bersama Partai Gerindra.

“Saya rasa, semoga dari PKB bisa gayung bersambut (berkoalisi) dengan Gerindra,” harapnya.

“Dinamikanya nanti akan bergulir secara sistematis, politik itu bagaimana memperebutkan kekuasaan secara konstitusional. Untuk merebut kekuasaan itu perlu mempersiapkan strategi untuk kemenangan, kita sepakat maju untuk menang, bukan maju untuk kalah, jadi bukan coba-coba,” tandasnya.

(Alex/Ris)