WWF Gelar Ciliwung River Clean Up Dalam Rangkaian Menuju World River Day

236

berantasonline.com (Bogor) – Dalam rangka memperingati “World Clean Up Day”  setiap tanggal 15 September, World Wild Fondation ( WWF) dengan menggandeng Komunitas Peduli Ciliwung ( KPC ) atau Bogor Ciliwung Community, laksanakan kegiatan ” Ciliwung River Clean Up ” atau lebih dikenal dengan ” Mulung Ciliwung ” sebagai kegiatan perdana atay phase1 bagi WWF yang dilakukan di bantaran sungai ciliwung Kelurahan Sempur, Minggu 16/09/2018 tadi pagi.

Terlihat hadir dalam kegiatan ini dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bogor, BPBD, PMI Kota Bogor, BPDAS Ciliwung, Volunteer WWF, Volunteer HSBC, KCP Bogor dan Publik, serta stakeholder yang relevan. Kegiatan ini juga sebagai rangkaian kegiatan menuju “World River Day” yang diperingati setiap tanggal 30 bulan September setiap tahunnya.

Aksi bersama untuk membersihkan sampah di sungai Ciliwung atau lebih akrab dengan “Mulung Ciliwung” yang bertujuan untuk mengurangi pencemaran lingkungan yang ada disungai Ciliwung akibat dari sampah dan yang pasti untuk menjaga kelestarian sungai Ciliwung itu sendiri.

Agus Haryanto, Koordinator WWF.

Disampaikan Agus Haryanto dari pihak WWF selaku koordinator kegiatan Mulung Ciliwung,” Adapun tujuan yang lainnya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kepedulian terhadap lingkungan khususnya sungai,
Adapun yang melatar belakangi dengan kegiatan yaitu karena sungai sangat memiliki peranan penting dalam peradaban manusia seperti Mesopotamia yang terletak disungai Efrat dan Tigris. Dan saya bersyukur semakin banyak komunitas pencinta lingkungan yang lahir dengan tujuan sama-sama ingin melestarikan lingkungan”, ucapnya.

Muhammad Rizky Nugraha selalu perwakilan dari BPBD Kota Bogor mengatakan kepada pihak media,” Kegiatan ini sangat bagus khususnya untuk lingkungan sekitar sungai karena dampaknya sangat positif dan pastinya berguna bagi masyarakat sekitar. Dan kami dari pihak BPBD sangat mendukung dan akan bersinergi dengan kegiatan Mulung dibantaran sungai Ciliwung ini serta kami akan tetap siaga dalam hal apapun khususnya dengan yang berkaitan bencana. Saya harapkan bagi masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan apalagi dibuang ke sungai, yang akan mengakibatkan banjir dikemudian hari nya,” pungkasnya.

(DG79)