Warga PNG Ikuti Upacara Peringatan HUT RI Ke-73 Bersama Satgas Yonif 315/Garuda di Kampung Toray Papua

81

berantasonline.com (Papua) – 73 Tahun sudah kita merasakan dan menikmati kemerdekaan yg telah di perjuangkan oleh para pendahulu kita. Para pahlawan bangsa yg tidak kenal lelah dan pamrih, mengorbankan jiwa raga mereka demi kemerdekaan Bangsa kita, Untuk mensyukuri nikmat kemerdekaan yg telah diperjuangkan oleh para Pahlawan pendahulu kita, Satgas Yonif 315/Garuda bersama masyarakat perbatasan dan diikuti oleh warga PNG melaksanakan upacara HUT RI Ke-73 di Kampung Toray Kabupaten Merauke pada 17/8/18.

Bertindak sebagai Irup Upacara adalah Dansatgas Yonif 315/Garuda Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani, S.E., dan komandan upacara Danki A Lettu Inf MT. Zulfikar. Sementara itu pasukan pengibar bendera merah putih terdiri dari siwa-siswi SMP N Erambu dan didampingi oleh anggota Satgas Yonif 315/Garuda. Dengan mengenakan pakaian seadanya, ratusan masyarakat dan warga PNG berbaur di lapangan Kampung Toray bersama peserta upacara lainnya.

Dari catatan keimigrasian, hampir setiap tahun pada puncak HUT RI, warga PNG berdatangan ke Indonesia beberapa hari sebelum puncak HUT untuk mengucapkan dirgahayu. Selain itu warga PNG memang masih ada hubungan kekerabatan dengan warga Indonesia, sehingga mereka datang untuk mengucapkan selamat sekaligus menikmati hiburan rakyat selama beberapa hari.

Dansatgas Yonif 315/Garuda mengatakan, “saya ucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Erambu dan Toray, anak-anak sekolah serta warga PNG yang telah mengikuti upacara RI Ke-73 ini dengan khidmat, walau sangat sederhana tetapi tetap mempunyai semangat juang dan Nasionalisme yang tinggi “Dirgahayu RI Ke-73 semoga dengan peringatan ini kita biasa memetik kembali rasa Nasionalisme, mempererat persatuan dan kesatuan warga di perbatasan RI-PNG Merdeka”.

Lebih lanjut Kepala Pos Imigrasi Kampung Erambu Bapak Hengky mengatakan, kedatangan 166 orang warga PNG itu merupakan inisiatif mereka sendiri untuk ikut merayakan hari kemerdekaan Bangsa Indonesia, mereka adalah tamu kita sehingga perlu tetap diperhatikan dan dilayani dengan baik.

Di akhir kegiatan upacara dilaksanakan lomba-lomba untuk memeriahkan HUT RI yang diikuti oleh warga PNG seperti panjat pinang, lomba dayung, lomba memanah yang tidak kalah dengan tempat-tempat lain.

(Dan)