Warga Pinrang Diharap Manfaatkan Layanan PSC 119

221

berantasonline.com (Sulsel) – Sebagai bentuk pelayanan publik kehadiran Public Safety Center (PSC) 119 diwilayah kabupaten Pinrang diyakini dapat memberikan solusi terbaik bagi masyarakat Pinrang dalam memperoleh pelayanan kegawatdaruratan di bidang medis yang mana selama ini memang menjadi kendala utama dalam mengakses cepat untuk mendapatkan penanganan medis terutama yang bersifat darurat.

Olehnya pemerintah daerah Pinrang melalui Dinas Kesehatan merespon serius keberadaan satuan pelayanan emergency ini, seperti yang dikemukakan oleh ketua PSC 119 Kabupaten Pinrang dr. H. Ramli Yunus kepada Berantasonline Kamis, 23/8 menurutnya hal semacam ini diharap menjadi salah satu solusi penanganan medis dimasyarakat sebab tujuannya memang untuk memberikan pelayanan pertama kegawatdaruratan dibidang medis.

Lebih jauh dr. Ramli mengemukakan bahwa hal ini berawal dari aksi sosial kemanusiaan yang selama ini dilakoninya, dirinya mengaku bahwa sejak dulu sudah sering melibatkan diri dalam berbagai aksi kemanusiaan semisal penanggulangan bencana serta kegawatdaruratan “Sejak dulu saya memang senang terlibat di kegiatan kemanusiaan bahkan semenjak masih bertugas di puskesmas Lampa kami sudah memiliki tim untuk berbagai kegiatan meski saat itu masih kecil serta ruang gerak yang sangat terbatas kala itu”, katanya mengisahkan.

Namun hal itu berlanjut hingga sekarang yang saat ini dirinya menjabat sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan Pinrang, ” Kebiasaan ini berlanjut sampai sekarang dan bahkan gayung bersambut karena baik pemerintah pusat maupun Pemda memberikan perhatian serius guna pengembangan unit PSC 119 ini di kabupaten Pinrang.

Dirinya juga mengakui bahwa sejak diterbitkannya SK Penugasan tahun 2017 silam pihaknya bersama tim yang direkrutnya pun langsung tancap gas dengan melakukan berbagai bentuk sosialisasi baik secara internal dalam lingkup Dinkes Pinrang dan seluruh Puskesmas maupun kepihak luar semisal sosialisasi dan pelatihan di berbagai institusi semisal Kepolisian, Badan Penanggulangan Bencana, Pramuka, hingga ke sejumlah komunitas pengendara yang ada di daerah ini, termasuk penyebaran informasi dalam bentuk selebaran dan spot penyiaran di Radio Susia Pinrang.

Dalam penjabaran fungsinya di masyarakat kehadiran PSC 119 ini diharap bisa menjadi lini terdepan dan tercepat sampai dimasyarakat yang butuh penanganan medis segera dengan memberikan tindakan medis yang bersifat Pra Hospital maupun tindakan yang bersifat Home Care kepada warga ” Tindakan yang bersifat Pra Hospital ini dimaksudkan dalam peristiwa Laka lantas misalnya karena selama ini banyak kejadian kecelakaan salah dalam menangani awal si korban sehingga tak jarang korban ini tak sempat tertolong nyawanya sebelum dilarikan ke rumah sakit disinilah letak fungsi kami”, imbuhnya.

Sedang yang bersifat Home Care petugas emergency call ini bisa langsung mendatangi warga yang membutuhkan penanganan medis darurat dengan metode stabilisasi pasien sebelum di rujuk ke rumah sakit, “Untuk Home Care sendiri kami berperan memberikan tindakan medis awal dengan menstabilkan lebih dulu kondisi pasien karena memang dalam operasionalnya selain mengirimkan ambulance kami juga menyertakan tenaga medis didalamnya”, pungkasnya.

Sebagai informasi saat ini satuan PSC 119 Pinrang ini baru memiliki 2 unit ambulance dan sejumlah personil yang senantiasa siap 24 jam dengan pelayanan Gratis cukup dengan mengakses nomor selular 085342403119 / 085298955995.

(JAY)