Warga Pammase Bersuka Cita Menikmati Bantuan Sarana Air Minum

167

berantasonline.com (Pinrang Sulsel) – Masyarakat Kelurahan Pammase Kecamatan Tiroang Kab Pinrang nampak bersuka cita dengan terealisasinya program penyediaan sarana air minum yang telah lama diidam-idamkan.

Dari pengamatan dilapangan, pengerjaan instalasi pipa air minum disetiap rumah sudah rampung dikerjakan, nampak terlihat warga sudah memanfaatkan sarana tersebut untuk berbagai macam keperluan rumah tangga terutama kebutuhan dasar air minum.

Ibu Turi misalnya, mengaku sangat bersyukur dengan adanya sambungan pipa air minum kedalam rumahnya tanpa harus lagi menimba air, “Kami sangat bersyukur sudah ada pipa air minum didepan rumah tinggal putar kran saja air sudah mengalir ” kata Ibu Turi dengan sumringah.

Menurutnya, sarana tersebut memang sudah ada sebelumnya namun cakupannya masih sangat terbatas, tapi kini jangkauannya sudah diperluas, hampir semua rumah terlayani.

Hal yang sama juga diungkapkan H. Suharto salah seorang warga penikmat sarana ini bertutur bahwa hal semacam ini sudah ada sejak tahun 2010 silam tapi jangkauannya tidak sebanyak sekarang, “Dulu itu pak namanya Pamsimas tapi terbatas rumah yang bisa dialiri kalau Program yang ini sudah hampir satu kelurahan dapat. Terimakasih kepada Pemkab Pinrang melalui Dinas PUPR yang telah bekerja keras merealisasikan program ini” katanya.

Sarana layanan publik ini pun di respon baik oleh warga setempat dengan menginisiasi pembentukan sebuah wadah pengelolaannya yang diberi nama BPS-PAM kelurahan Pammase yang bertujuan untuk mengelola sarana ini agar terus berkesinambungan.

“Warga sudah lama membentuk badan pengelolaan ini sejak hadirnya program Pamsimas diwilayah kami dan sejak saat itu terus berjalan hingga sekarang”, ujar Sukardi warga setempat yang juga Sekretaris Badan pengelola tersebut.

“Badan ini dalam operasionalnya memanfaatkan dana iuran warga terhadap penggunaan layanan ini dan Alhamdulillah program ini terus berjalan dan bahkan bertambah sampai kisaran 700 an SR (Sambungan Rumah) dan dana yang terhimpun juga kami salurkan kembali ke warga dalam bentuk pemeliharaan sarana ini” sebut Sukardi menambahkan.

Dilain pihak, Pemerintah Daerah Kabupaten Pinrang dalam hal ini Dinas PU PR Kabupaten Pinrang melalui Bidang Cipta Karya selaku leading sektor program ini mengaku bersyukur bila masyarakat merespon dan memanfaatkan dengan baik sarana ini.

“Tentu kami bersyukur kalau warga merespon baik program ini terlebih bila memang sarananya sudah dimanfatkan kata pihak Cipta Karya dalam sebuah rilis.
Lebih jauh dijelaskan bahwa program ini adalah rangkaian program pemerintah pusat ke daerah dalam hal penyediaan sarana dan prasarana air minum bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang penganggarannya tercover dalam DAK tahun 2018 dengan nilai anggaran sekitar 1,2 Milyar Rupiah, Ini memang program pusat yang menjadi strategi nasional dalam upaya menyediakan sarana air bersih dan air minum hingga ke pelosok desa”, tulisnya.

Oleh karena itu pihaknya berharap kepada masyarakat agar memanfaatkan dengan baik fasilitas ini, “Karena bagi pemerintah daerah kepuasan masyarakat adalah harapan dan impian kami”, tandasnya.

(JAY)