Warga Griya Mapanget Canangkan Gerakan “Dari RT Untuk Indonesia Perangi Covid-19”

14

berantasonline.com (Manado)

Inisiatif warga di lingkungan terkecil Rukun Tetangga untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 makin menyebar di berbagai daerah di Indonesia. Tak ketinggalan sejumlah warga yang tinggal di Perumahan Griya IV Mapanget, Kota Manado pada Minggu (05/04/2020) ikut berinisiatif melaksanakan penyemprotan disinfektan gratis di seluruh areal kompleks perumahan. Aksi ini terbilang sama dengan aksi-aksi serupa yang sedang marak dilakukan warga di berbagai daerah. Namun pelaksanaan aksi di lingkungan RT di perumahan Griya IV Mapanget ini terbilang unik karena tidak hanya melaksanakan penyemprotan dan bagi-bagi sembako gratis, para penggagas kegiatan ini juga mencanangkan gerakan nasional dengan tema “Dari RT Untuk Indonesia Perangi Covid-19”.

“Gerakan Dari RT Untuk Indonesia Perangi Covid-19 ini kami serukan untuk menggerakan warga di lingkungan terkecil di seluruh Indonesia untuk mengambil peran penting dalam membantu pemerintah mencegah penyebaran Virus mematikan Covid-19 disertai pembagian sembako gratis ke sejumlah keluarga kurang mampu yang kesulitan akses keluar rumah karena bahaya terjangkit virus,” ungkap Rony Kotambunan yang ditunjuk sebagai Ketua Pelaksana aksi, di sela kegiatan penyemprotan.

Aksi penyemprotan di 220 rumah warga dan pembagian sembako gratis kepada 45 keluarga kurang mampu ini turut didukung oleh dua tokoh masyarakat setempat yakni Komang Darmasila dan Kiki Sondakh, serta disaksikan langsung oleh Kepala Desa Mapanget Fredrik Sumakud.

Untuk pembagian sembako bagi warga kurang mampu disuport oleh salah seorang warga, Jantje P. Rorimpandey yang merupakan pimpinan organisasi Asosiasi Profesi Jasa Konstruksi Nasional. Pembagian 45 paket sembako ini disalurkan dalam bentuk kupon dan warga yang kurang mampu dapat mengambil sendiri ke lokasi yang sudah disiapkan. Masing-masing paket terdapat 5 KG Beras, 10 Bungkus Mie Instan, dan 10 butir telur ayam.

“Aksi penyemprotan dan bantuan sembako ini tidaklah seberapa, tapi tujuan kami hanya ingin menggerakan semua pihak agar turut berpartisipasi melawan virus corona dan bagi yang memiliki sedikit kelebihan rejeki agar ikut tergerak untuk membantu sesama warga yang kurang mampu meskipun dalam jumlah terbatas,” ujar Jantje di sela pembagian sembako. (Red1)