Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin Ditahan KPK

79

Jakarta, BERANTAS

Setelah dijemput paksa oleh Penyidik KPK, Azis Syamsuddin Wakil Ketua DPR RI ditahan dalam keadaan tangan diborgol dan langsung dimasukkan dalam sel Rutan KPK.

Penjemputan Azis Syamsuddin berlangsung Sabtu dihari (25 September 2021) dirumahnya, dia tahan diduga terlibat korupsi pengurusan perkara Tipikor di Lampung Tengah beberapa waktu lalu.

Sedianya Azis diperiksa KPK hari Jum’at (24/9-2021) namun dia mangkir karena alasan berinteraksi dengan orang yang terinfeksi Covid 19, sehingga harus menjalani isolasi mandiri.

Ketua KPK Firli Bahuri dalam Konferensi Pers Sabtu dinihari (25/9-2021) mengatakan, pihaknya telah menemukan bukti permulaan yang cukup sehingga meningkatkan ke Penyidikan, sehingga Azis ditahan untuk 20 hari kedepan, sejak tanggal 24 September sampai 13 November 2021 bertempat di Rutan Jakarta Selatan.

Menurut Firli Bahuri, bahwa Azis diduga memberikan uang untuk pengurusan perkara korupsi kepada bekas Penyidik KPK Stepanus Robin Pattuju dan seorang Pengacara bernama Maskur Husain.

“Dengan ditetapkannya Azis Syamsuddin sebagai tersangka Kasus Korupsi, maka jabatannya selaku Wakil Ketua DPR RI, sementara kedudukannya dalam Partai Golkar akan diambil keputusannya setelah mempunyai kekuatan hukum tetap”, ujar Supriansa Ketua Badan Advokasi Hukum DPP Partai Golkar.

(Meidina Sarah/red.01)