Wabup Tanggamus Ikuti Rapat Koordinasi Kesiapan Vaksinasi Covid-19

41

Berantasonline.com (Kota Agung)

Rapat Koordinasi melalui Video Confrence (Vicon), Selasa lalu (5/1-2021) tentang kesiapan vaksinasi Covid 19 dilaksanakan Kementerian Dalam Negeri.

Wakil Bupati Tanggamus H.M.Syafe’i S.Ag mengikuti Rapat Koordinasi tersebut bertempat di ruang Rapat Wakil Bupati didampingi Asisten Bidang Pembangunan Sukisno, Asisten Bidang Administrasi Konsen Vanesa, Kadis Kesehatan Taufik Hidayat dan Sekretaris BPBD Martani.

Rapat koordinasi kesiapan vaksinasi Covid 19 tersebut dihadiri Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Ketua Satgas Penanganan Covid 19 Doni Monardo, serta Gubernur/Bupati/Walikota seluruh Indonesia.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan dua usulan skema dalam penyaluran vaksin Covid 19, yakni pemberian vaksin gratis dan berbayar atau mandiri. Vaksin gratis menggunakan dana APBN yang menyesuaikan dengan data BPJS Kesehatan.

Menkes menjelaskan, vaksinasi perdana akan disalurkan oleh Presiden pada tanggal 13 Januari 2021 dan selanjutnya akan dilakukan secara rutin serentak diseluruh daerah.

Penyuntikan Perdana akan dilakukan oleh Presiden pada tanggal 13 Januari 2021 mendatang, dan selanjutnya akan diikuti secara serentak di 34 daerah provinsi seluruh Indonesia.

Menkes mengatakan, untuk tahap awal diperuntukkan kepada tenaga kesehatan yang tersebar di seluruh Indonesia, kemudian dilanjutkan kepada petugas publik, masyarakat yang rentan dan masyarakat lainnya.

Sementara itu Mendagri Tito Karnavian meminta para Kepala Daerah untuk Pro Aktif mempersiapkan vaksinasi yang akan digelar serentak pada pekan depan.

Wakil Bupati Tanggamus H.AM Syafe’i mengatakan, pihaknya akan mengikuti ketentuan dari Pemerintah Pusat.

“Pelaksanaannya akan berkoordinasi dengan Provinsi dan Forkopimda”, ujar Wakil Bupati.

(Yamin/red.1)