Wabup Sukabumi Dampingi Menko PMK Cek Pendistribusian Bansos Setiap Desa

13

berantasonline.com (Sukabumi)

Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri mendampingi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia ( Menko PMK RI ) Muhadjir Effendy ke sejumlah desa di Kabupaten Sukabumi. Hal tersebut dilaksanakan Dalam rangka Penanganan Covid-19 dan pengecekan pendistribusian bansos di setiap desa, Selasa (03/08/2021).

Salah satu desa yang dicek pendistribusian bansosnya ialah Sukamantri Kecamatan Cisaat dan Sukaraja Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi. Bantuan dari pemerintah dicek langsung ke lapangan, bahkan menyusuri setiap gang di desa-desa yang dikunjungi. Bantuan yang dicek mulai dari PKH, BPNT, BLT, beras bulog, dan BLT dana desa.

Menko PMK RI Muhadjir Effendy mengatakan, tidak boleh ada warga yang tak mendapatkan bantuan. Seluruh perangkat di tingkat bawah harus terjun ke lapangan, jangan sampai ada warga yang kelewat mendapatkan bantuan. Apalagi, bantuan dari pemerintah berlapis-lapis. Mulai dari pemerintah pusat, provinsi, kota/kabupaten, hingga desa.

“Ada PKH, BPNT, BST, BLT Dana Desa. Belum lagi bantuan dari Polri, ditambah Pemerintah Kota/Kabupaten juga turun menggelontorkan bantuan, ada lagi yang dari provinsi. Pokoknya bantu warga yang membutuhkan,” ucapnya.

Dirinya pun mengingatkan Kepala Desa ataupun Lurah untuk mendata dan melaporkan warga belum mendapatkan bantuan, terutama yang tidak bisa dimasukan kedalam sistem Bank Himbara.

“Pesan ibu Mensos, mereka yang tidak bisa lewat Bank Himbara, akan diberi bantuan lewat PT Pos. Siapapun warga yang membutuhkan harus dibantu selama Pandemi Covid-19,” ungkapnya.

Bahkan beras yang dibagikan kepada keluarga penerima manfaat berkualitas medium. Beras tersebut merupakan produksi lokal Sukabumi yang bagus dan harum.

“Stok beras di Bulog Sukabumi surplus. Bahkan, tidak ada beras impor, semuanya produksi lokal Sukabumi,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dirinya menekankan tidak ada pemotongan dari bantuan yang diberikan pemerintah. Semua bantuan harus diberikan kepada setiap orang yang berhak.

“Ingat, orang lagi susah. Jangan memanfaatkan orang susah untuk kepentingan pribadi,” tegasnya.

Selain mengecek pendistribusian bansos, Muhadjir pun meninjau lokasi isolasi terpusat di Desa Gunungjaya Kecamatan Cisaat. Menurutnya, tempat isolasi terpusat Kabupaten Sukabumi sangat bagus.

“Ini tempat (isolasi terpusat) sangat bagus dan patut dicontoh daerah lain. Sukabumi pun, dalam pengendalian covid 19 nya sangat bagus,” terangnya.

(Alex/Ris)