Upacara Unik di Ponpes Baitussalam Bogor Memperingati Hari Santri Nasional 2018

148

berantasonline.com (BOGOR) – Segenap santriwan-santriwati dan seluruh dewan guru Pondok Pesantren Baitussalam Bogor melaksanakan upacara bendera memperingati Hari Santri Nasional (HSN) di Lapangan upacara Ponpes Baitussalam Jalan Raya Kalisuren Tajur Halang Kab Bogor, Senin 22/10/2018.

Selaku pembina upacara dalam kegiatan upacara adalah KH. Drs. Tatang M. Natsir Fathuddin yang juga sebagai Ketua Yayasan Pesantren Baitussalam.

Yang unik dari upacara kali pertama ini adalah seluruh pesertanya memakai sarung dan baju putih tak terkecuali semua dewan guru dan pengibar benderanya.

“Hari ini ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional oleh Presiden RI setiap tanggal 22 Oktober yang memiliki arti dan makna yang penting bagi kalangan santri sendiri dan segenap elemen bangsa. Dalam sejarah, peran mereka dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Mereka ikut merebut Indonesia, membangun Indonesia dan mempertahankan NKRI”, ujar Pembina Upacara.

Dikatakan oleh Abi panggilan akrab KH. Drs. Tatang M. Natsir Fathuddin, hari ini menjadi refleksi bagi golongan santri dan bangsa untuk mengingat kembali sejarah perjuangan kaum pondok pesantren dalam berjuang melawan penjajah.

“Refleksi dan ingat kembali pada sejarah adalah sesuatu yang penting. Ingatan sejarah akan memberikan bekal bagi para santri pada zaman modern sekarang ini untuk selalu berbenah, memperbaiki kualitas diri demi kemajuan bangsa Indonesia ke depan,” tuturnya

Usai upacara, para santriwan dan santriwati melaksanakan sholat dhuha berjamaah di masjid pesantren, kemudian disambung dengan senam santri bersama. Nampak betapa cerianya para santri menyambut hari santri nasional ini.

(DG79)