TRC BPBD Kepulauan Selayar Evakuasi Ambulance Tertimpa Pohon Tumbang

29

berantasonline.com (SULSEL) – Hujan deras yang disertai hempasan angin kencang, kembali melanda Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan, pada sekitar pukul 12. 15 Wita, hari Jum’at, (12 /04) siang, saat masyarakat sedang khusyuk menunaikan sholat Jum’at.

Peristiwa angin kencang yang terjadi di ruas Jln. DR. Muchtar, kota Benteng, mengakibatkan satu unit armada mobil ambulance bantuan CSR Bank Sulselbar, mengalami kerusakan parah pada bagian kaca depan, dan stir, usai tertimpa reruntuhan pohon tumbang yang terjadi di depan Masjid Agung Al Umaraini Benteng.

Personil Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar yang menerima laporan kejadian, langsung bergerak cepat menuju TKP dan melakukan upaya penanganan serta mengevakuasi reruntuhan pohon tumbang yang sempat menutupi badan jalan dan mengakibatkan terjadinya perlambatan arus lalu lintas di ruas JLn. DR. Muchtar.

Dua puluh enam orang tim reaksi cepat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) diterjunkan ke TKP, untuk melakukan penanganan pohon tumbang. Personil TRC BPBD Selayar, dipimpin komandan regu III, Zaenal Abidin, ujar Kalaksa BPBD Selayar, Drs. H. Odding Karim, MH, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, pada hari Jum’at, (12/04) sore.

Beruntung, karena pengemudi ambulance, berhasil menyelamatkan diri dan lolos dari kecelakaan naas yang terjadi pada hari Jum’at siang tersebut, ujarnya menambahkan.

Guna mengantisipasi kejadian serupa, Odding Karim mengharapkan bantuan kerjasama Lurah di masing-masing wilayah untuk menginventarisir pohon tua yang berpotensi untuk tumbang dan membahayakan keselamatan jiwa manusia, kendaraan dan atau permukiman warga, pungkas mantan Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kepulauan Selayar.

(fadly syarif)