Tradisi Ngejalang Kuburan Pusaka Tambak Balak Krui Lampung Berjalan Khitmad

217

berantasonline.com (Pesisir Barat) – Tradisi Adat “Ngejalang Kuburan Pusaka Tambak Balak” di Pekon (Desa) Gunungkemala Kecamatan Way Krui Kabupaten Pesisir Barat Lampung pada tahun ini berlangsung pada 3 Syawal 1440 H bertepatan pada hari Jum’at 7 Juni 2019 berjalan khitmad dan meriah.

Acara sakral dalam rangka melakukan doa bersama bagi ahli kubur Makam Pusaka Tambak Balak Gunungkemala Kecamatan Way Krui ini, dipimpin oleh seorang pemuka agama diikuti oleh ratusan warga khususnya ahli waris makam Pusaka Tambak Balak bersama para undangan dari Desa atau Pekon Ulu Krui, Sukaraja dan Sukabaru.

Setelah doa-doa dipanjatkan, para hadirin menyantap hidangan yang telah disajikan oleh para ahli waris yang diletakkan diatas Pahar / Nampan atau sejenisnya.

Setelah menikmati hidangan maka sisa makanan dibungkus dan dibawa pulang sebagai berkat atau teda istilahnya.

Perwakilan Ahli Waris H. Bustanul Daham, M.Si dalam kesempatan itu memberikan sambutan ucapan terima kasih atas kehadiran para undangan dan segenap ahli waris yang jumlahnya mencapai ratusan.

Kegiatan Ngejalang kubur ini, kata H. Bustanul Daham merupakan tradisi yang dilakukan secara turun temurun untuk bersama-sama mendoakan arwah para leluhur dan kerabat yang telah mendahului kita, “Semoga doa yang dipanjatkan akan diijabah oleh Allah SWT”, ujarnya.

Kegiatan Ngejalang berjalan secara berturut turut, dimulai dari awal Idul Fitri dipemakaman Keluarga Limus Kabing, menyusul Bah Kandis, Makam Pusaka Tambak Balak, Sukaraja, Sukamarga dan Kampung Baru.

(red.1)