TMMD Ke-110 Kodim 0607/Kota Sukabumi Berikan Penyuluhan Tentang Pemerintahan Desa

37

berantasonline.com (Sukabumi) – Dalam rangka meningkatkan mutu Pendidikan dan Pemerintahan Desa Kodim 0607/Kota Sukabumi bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, menggelar penyuluhan kepada masyarakat dan Pemerintah Desa. Bertempat di Aula Kantor Desa Sundawenang Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi, Selasa (23/3/2021).

Penyuluhan tersebut merupakan kegiatan nonfisik dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 Kodim 0607/Kota Sukabumi tahun 2021 yang dihadiri Danramil 0712/Parungkuda Kapten Inf Jupriyono, Kepala Desa Sundawenang Wahid, S. Ip., MH, Babinsa Desa Sundawenang Pelda Harahap, Para Perangkat Desa Sundawenang serta tamu undangan lainnya dengan menerapkan protokol kesehatan.

Hodan Pirmansyah, S.Ip, M.Si, selaku Kasi Penataan Administrasi Desa Kabupaten Sukabumi mengatakan, jenis-jenis lembaga yg ada di desa terdiri dari Pemerintahan Desa, BPD, Lembaga Kemasyarakatan, Lembaga Adat, kerja sama antar desa, dan BUMDES.

“Adapun Jenis-jenis kewenangan Desa antara lain, kewenangan asal-usul, kewenangan lokal berskala desa, kewenangan yang ditugaskan oleh Pemerintah, Pemda, Pemprov, Pemda Kabupaten dan Kota”, jelasnya.

Lebih lanjut Hodan menyampaikan, jenis-jenis keuangan desa terdiri dari PADes, APBN, Dana Desa, ADD, bagi hasil pajak retribusi daerah Kabupaten/Kota, Bantuan Keuangan Provinsi/Kabupaten/Kota, hibah/sumbangan tidak mengikat pihak ketiga, dan lain-lain pendapatan desa yang sah

“Esensi Pemerintahan Desa terdiri dari kewenangan desa, pembangunan, keuangan dan pelayanan masyarakat. Dan hal yang bersifat strategis seperti penataan desa, perencanaan desa, kerja sama desa, rencana investasi yang masuk ke desa, pembentukan BUMDES, penambahan dan pelepasan aset desa, serta kejadian luar biasa”, paparnya.

(Riswan)