Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, PLN Kembangkan 104 Desa Wisata Melalui Program TJSL

10

Jakarta, BERANTAS

Melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Perusahaan, PLN telah berkomitmen untuk mengembangkan Program Desa Wisata di 80 lokasi tersebar di wilayah Indonesia dengan nilai bantuan Rp7,4 Milyar pada tahun 2021. Sebelumnya, hingga tahun 2020, PLN telah mendukung pengembangan 24 desa wisata yang tersebar diseluruh Provinsi di Indonesia dengan nilai bantuan Rp17 Milyar.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN, Agung Murdifi menyatakan program TJSL Desa Wisata ini bertujuan untuk mendukung Pemerintah dalam mengembangkan pariwisata dan peningkatan ekonomi masyarakat berbasis desa.

“Program Pembinaan Desa Wisata berbasis pemberdayaan masyarakat yang berkesinambungan terus melakukan upaya nyata membentuk kemandirian ekonomi desa dengan potensi yang dimilikinya untuk pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan,” ujar Agung.

Salah satu Desa Wisata Unggulan yang telah dibina oleh PLN adalah Wisata Edukasi Terpadu (WET) Sendi yang berada di Jawa Timur. Lokasi ini tidak hanya menyuguhkan keindahan alam saja namun berbagai wisata edukasi terpadu yang dapat dinikmati pengunjung di lokasi seperti Kawasan wisata outbond hingga agro wisata pertanian.

Pengembangan Desa Wisata Sendi yang dilakukan PLN berfokus pada pembangunan infrastruktur, pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat sehingga mampu bertransformasi layaknya sebuah wisata edukasi berwawasan lingkungan dan budaya yang membawa peningkatan kesejahteraan ekonomi bagi warga.

Bupati Mojokerto, H. Pungkasiadi, SH menyampaikan ucapan terima kasih atas peran PLN membangun Desa Wisata serta perekonomian masyarakat.

“Terima kasih atas bantuan dari program TJSL PLN Peduli dalam kemajuan dan pengembangan Wisata Sendi hingga menjadi seperti sekarang ini,” tutur Pungkasiadi.

Senada dengan Bupati, Syubur, warga Desa WET Sendi juga mengutarakan rasa syukur atas perbaikan ekonomi sebagai manfaat dari pembangunan Desa Wisata.

“Dengan hadirnya WET Sendi ini untuk saya pribadi sudah dapat memenuhi kehidupan saya sehari-hari dengan penghasilan yang lumayan dan dapat juga mulai menyumbang untuk orang-orang yang tidak mampu terutama orang-orang yang sudah tua,”ungkap Syubur.

Adapun program TJSL Desa Wisata PLN tersebar di Provinsi Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, hingga Kalimantan Timur.

Agung menambahkan bahwa PLN akan terus berkomitmen membantu perbaikan perekonomian masyarakat secara langsung dengan program sinergi pengembangan kemandirian Desa.

“Diharapkan program ini akan membantu melestarikan lingkungan dan budaya, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa yang tersebar di Indonesia,” pungkasnya.

(Hms/red.1)