Tim Tipiter Bareskrim Polri Buru MS Dalang Pembalakan Liar Hutan Muaro Jambi

1916

berantasonline.com (Jambi) – Petugas Tim TIPITER (Tindak Pidana Tertentu ) Bareskrim Mabes Polri dipimpin Kombes Pol. Irsan, tengah memburu pemilik dan pemasok kayu curian berinitial MS yang diduga sebagai otak dan dalang pembalakan liar hutan Muaro Jambi.

Kasubdit III Tipiter Bareskrim Mabes Polri Komisaris Besar Irsan, Jum’at (17/5) menjelaskan dalam operasi yang dilancarkan Tim nya telah menahan para pekerja dan supir di kilang kayu milik MS. “Namun sebenarnya mereka bukan target kami”, ujarnya.

Dikatakannya, dalam operasi yang dilancarkan Rabu (8/5), Tim telah menggerebek sebuah gudang dan usaha pengolahan kayu diwilayah Tangkit Muaro Jambi, dimana kayu yang dipasok dari kawasan hutan produksi itu tak satupun memiliki dokumen.

Dari keterangan para pekerja disana, kayu-kayu tersebut berasal dari hutan produksi diwilayah Muaro Jambi. Petugas Kepolisian masih mencari MS sebagai pemilik gudang dan tempat pengolahan kayu tersebut yang telah kabur.

Polisi mendapat informasi bahwa MS adalah dalang pembalakan liar hutan Muaro Jambi, hingga berita ini diturunkan Tim Tipiter Mabes Polri dibantu Tim Polda Jambi masih melakukan pencarian, untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Dalam operasi yang dilancarkan pada Selasa (14/5) lalu, Polisi menemukan sekitar 2000 meter kubik kayu illegal dilokasi Tempat Usaha milik MS. “Namun MS tidak ditemukan diduga telah melarikan diri”, ujar Kombes Irsan.

Pada hari Jum’at (17/5) Tim Balai Pengelolaan Hutan Produksi (BHPP) Wilatah IV Jambi mengadakan pengecekan kayu kayu tersebut.

Menurut Eka Mulatika dari Tim BHPP Wilayah IV Jambi, mereka menemukan kayu kayu rimba campuran mulai dari jenis rengas, kempas, hingga meranti juga ditemukan jenis kayu ramin yang statusnya dilindungi karena langka.

Aksi pembalakan liar kawasan hutan negara Harapan dipebatasan Jambi dan Sumsel seluas 98.555 hektar kini terancam berbagai aktivitas illegal seperti pembalakan liar.

Akibat pembalakan liar berakibat potensi pendapatan Rp 16 miliar hilang (baca Koran Berantas Edisi 325/ 15-30 Maret 2019).

Ketua Umum DPP LSM Pengembangan Aspirasi Rakyat (PAR) Khotman Idris waktu itu mendesak Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menindak tegas oknum Petugas yang diduga terlibat dalam aksi pembalakan liar dikawasan perbatasan Jambi dan Sumsel tersebut.

(PM/KP/red.1)