Telan Dana Rp 15 Milyar, Pembangunan SMPN 1 Krui Amburadul

1278

berantasonline.com (Pesisir Barat- Lampung)

Pembangunan Gedung SMPN 1 Krui yang berlokasi di Kelurahan Pasar Krui Kecamatan Pesisir Tengah Kab Pesisir Barat yang dibangun sejak tahun 2019 dan telah menelan biaya sebesar Rp 15 milyar, hingga kini belum selesai dan diduga kuat oleh pihak kontraktor pengerjaan bangunan SMPN1 Krui dikerjakan asal jadi.

Pembangunan yang sumber dananya dialokasikan dari APBD Pesisir Barat tahun 2019 dan tahun 2020 itu, ternyata hingga kini belum selesai, namun sudah rusak disana sini. Hal ini diketahui setelah pada Selasa (15/6/2021) Fraksi PDI-Perjuangan DPRD Kabupaten Pesisir Barat melakukan peninjauan ke lokasi pembangunan.

Menurut salah satu anggota dewan dari fraksi PDI Perjuangan Erwin Goetom yang ikut meninjau langsung pembangunan gedung SMPN 1.
Hasilnya rombongan anggota dewan dari fraksi PDI Perjuangan menemukan banyak kerusakan. Seperti lantai keramik yang hancur, plafon jebol, serta dinding yang sudah mengalami keretakan bahkan terbelah.

“Ditambah lagi pagar pembatas di lantai dua dan lantai tiga, yang menggunakan material besi yang pengelasanya tidak sempurna serta tembok variasi yang tidak memakai konstruksi tulangan sehingga labil kalau dipegang”, kata Erwin.

“Ini gedung sekolah, akan dipakai kegiatan belajar mengajar nantinya. Jadi jangan main main dengan kualitas bangunan, banyak nyawa yang akan jadi taruhanya. Fraksi PDI Perjuangan akan menindaklanjuti permasalahan tersebut mulai dari Pengguna anggaran yaitu dinas terkait, pelaksana kegiatan atau pemenang tender proyek”, tegasnya.

“Dan jika nantinya terbukti ada penyimpangan dana anggaran dalam proyek tersebut, kami tidak akan segan meminta lembaga penegak hukum untuk menindaklanjuti dan mengusut secara tuntas kasus tersebut”, pungkas Erwin.

Plt Kadisdik Pesisir Barat, Sudibyo saat dikonfirmasi melalui sambungan telefon selulernya mengaku bahwa pembangunan gedung SMPN 1 Krui sudah pernah diaudit BPK provinsi, dan hasil temuan kerugian keuangan negara sudah dikembalikan.

“Prinsipnya kita akan terus lanjutkan pembangunan gedung SMPN1 Krui”, terangnya singkat.

(Benk)