Tampung Aspirasi Masyarakat Pesisir Barat Melalui Kotak Saran di Tiap Kantor Kecamatan

263

berantasonline.com.(Pesisir Barat) –Penempatan kotak saran di setiap kantor  kecamatan sebagai wadah menyampaikan  aspirasi, ataupun masukan dari masyarakat Pesisir Barat dianggap  penting untuk dilaksanakan.

Hal ini diungkapkan wakil ketua II DPRD Kabupaten Pesisir Barat, AE Wardana Kusuma, saat ditemui berantasonline.com.  di ruang kerjanya, Rabu  (10/10).

Menurut Wardana, “Menempatkan kotak saran di setiap kantor kecamatan, kedengarannya  memang seperti tidak   pas lagi, terlebih di era sekarang, mengingat sekarang sudah memasuki era   digital. Dimana setiap orang bisa dengan mudah mendapatkan informasi melalui surat kabar, media online, media sosial (medsos), ataupun sambungan telepon  yang khusus dibuka untuk layanan masyarakat, seperti Hallo Bupati, atau  layanan serupa lainya”, paparnya.

Namun kenyataanya, sambung Wardana, tidak semua masyarakat kita berani  berinteraksi langsung,  ataupun menyampaikan lewat sambungan telefon, karena ada juga masyarakat  kita  yang  mungkin takut nomer telefon nya diketahui orang lain. Tapi dengan cara menempatkan kotak saran di setiap kantor kecamatan, diharapkan masyarakat bisa dan lebih berani menyampaikan  pesan ataupun permasalahan diwilayahnya kepihak  pemerintah kabupaten  tanpa  di ketahui oleh orang lain.

“Seperti yang sudah kita lakukan pada masa Lampung Barat dulu, tekhnisnya  disetiap kantor kecamatan ada petugas atau orang kecamatan yang ditunjuk  mengurus surat yang masuk di kotak saran dan petugas inilah yang nantinya  memeriksa dan memastikan apakah surat yang masuk di kotak saran tersebut patut atau layak untuk di tindak lanjuti dengan  menyelidiki terlebih dahulu kebenaran pesan yang disampaikan lewat kotak saran, baru kemudian menyampaikannya ke pihak Pemkab”, jelas Wardana.

“Ya ini semua kan untuk kepentingan percepatan pembangunan dan kemajuan Kabupaten pesisir Barat, yang kita cintai”, tutup Dia.

(Benk)