Tahun Depan Sitaro Akan Memiliki Dua Jaringan Internet Kabel Fiber Optic (FO) Bawah Laut Palapa Ring

39

Sitaro, BERANTAS

Jaringan Internet Kabel laut FO bawah laut ke wilayah Kepulauan Sitaro yang terhubung Manado -Ondong Siau telah putus karena panas Geothermal pada jalur yang dilewati oleh jaringan kabel FO, kemudian dilakukan pemindahan jalur menjadi Tahuna-Ondong Siau, namun kembali putus oleh dampak insiden Gempa yang berpusat di Philippina Selatan pada 29 September 2021 lalu, saat ini masih dalam proses perbaikan.

BAKTI Kementerian Kominfo sedang mempersiapkan pekerjaan penggelaran Jalur baru Manado- Ondong Siau sebagaimana info komunikasi dari Tim Teknis Palapa Ring, Dit. Infrastruktur- BAKTI-Kementerian Kominfo dengan Pemkab Sitaro.

Rencana akan dikerjakannya jalur baru Manado – Ondong Siau ini, maka wilayah Kabupaten SITARO akan terlayani oleh 2 ( dua) jalur Jaringan Internet.

Dengan ketersediaan 2(dua) jalur Jaringan Internet FO bawah laut diharapkan akan menarik minat para penyelenggara layanan internet.

Terkait dengan pekerjaan penggelaran Jalur baru Manado-Ondong Siau Kominfo Sitaro, Gandawari L Mulalinda, SIP, M.Si mengatakan, menjadi perhatian Pemda Sitaro dalam mendukung dan membantu untuk kelancaran serta percepatan program Palapa Ring ini, demi tersedianya infrastruktur jaringan telekomunikasi yang semakin baik di wilayah Sitaro.

Adapun progres kerja draft timeplan pelaksanaannya Juni-Juli 2022 Penggelaran Jalur baru Manado – Ondong, Agustus 2022 Operasional.

(Tampubolon)