Sumenep Kota Kaya Wisata

61

berantasonline.com (Sumenep)

Kabupaten Sumenep dilirik oleh wisatawan2 bahkan ingin melihat langsung ke Kabupaten Sumenep,karena Sumenep mempunyai beberapa faktor kebudayaan, atau masyarakat yang gaya hidupnya. Kebudayaanitu cenderung seperti pakaian tradisional dan kepercayaan pada suatu masyarakat, religi, atau kelompok etnik (ethnic group) wisatawan akan menikmati atraksi lokasi wisata juga fasilitas tidak mengecewakan termasuk pelayanan dan mempermudah kegiatan atau aktivitas pengunjung/wisatawan yang dilakukan dalam rangka untuk memberikan kepuasan.

Kabupaten Sumenep kota bersih dan kaya wisata diantara lokasi Pantai Lombang Kecamatan Batang2,Pantai Slopeng Kec Dasuk,Pantai Ambunten,Pantai Badur Kec Batuh Putih, Pantai Speken, Pantai Sembilan Kec Gili genteng Pantai Ropet Kecamatan Dungkek dan Pulau Mamburet Pulau Arjasa dengan air lautnya yang bersih.

Ada lagi keindahan alam dan pesisir air laut lokasi Gili yang dikenal bersih udara di Kecamatan Dungkek , Gili Labak ke indahan alam Kecamatan Talango, Pesisir laut kindahannya di Pulau Sepeken dikenal dengan terumbuh karangnya kurang lebih 50 % , Pulau Maselembu dan padang Lumun diPulau Spudy. Ada juga peninggalan bangunan tua yang menjadi sejarah diantaranya Pondopo Agung di kota Sumenep tempat itu dulu digunakan pertemuan penggawa-penggewa kerajaan, Masjid Jamik sebelah barat Pondopo Agung, Asta tinggi yaitu kuburan para raja dan keturunannya, Kuburan Syek Yusup di Talango , Pangeran Standur Desa Bangkal dan banyak lagi lainnya.

Disamping itu ada juga air terjun di Dur bugan, air merah diBatu Putih,Guwa Soekarono,Bukit Tinggi di desa Daramista, Danau Girmata di Saronggi, Pemandian TSI di Desa Torbang , Sarkampong, Waterpack dll.

Untuk merenungi wisata secara alami ingin menganalisa bahwa begitu indah ciptaan Sang Maha Pencipta alam dan isinya. Maka dari itu kita harus sadar lingkungan dengan membudayakan ke indahan alam yang bentuk pemandangannya rindang di iringi pohon-pohonan dipantai- pantai yang bersih dari ulah manusia juga air laut yang jernih sertai pasirnyapun halus dan putih.

Dengan adanya wisata rakyat di Kabupaten Sumenep Pemerintah memberikan motivasi kesepatan kepada masyarakat untuk mengenali dan mencintai lokasi wisata terutama masyarakat yang dekat ikut juga melastarikan. Karena pentingnya wisata di Kabupaten Sumenep untuk menjadikan obyek bagi touris-touris Nasional dan manca Negara yang nantinya bisa memberikan nilai mamfaat bagi kesejahteraan masyarakat Sumenep.

PHOTO LOKASI WISATA AIR TERJUN DS AENG MERAH KEC.BATUPUTIH

Pemerintah Kabupaten Sumenep mempunyai 7 prinshif sadar wisata yang harus dilakukan, Aman, Tertib, Bersih,Sejuk, Indah,Ramah dan Kenangan. Aman dalam artian menjamin kepada wisatawan bebas keraguan dan kecamasan lingkungan lokasi wisata termasuk dalam perjalanan. Tertib kualitas layanan konsisten serta efisein dan menjaga lingkungan dengan mentaati peraturan yang ada. Bersih yaitu tidak membauang sampah /limbah sembarangan, menjaga lingkungan dari polusi udara akibat asap kendaraan atau rokok, makanan dan minuman vitamin dan bersih.

Sejuk suasana wisata dalam kondisi alam yang menyejukan disertai pohon-pohanan yang rindang dengan himbusan angin sejuk. Indah bahwa tempat lokasi pemandangannya alami dan senang dipandang mata. Ramah dengan menunjukkan sikap menghargai wisatawan disetai senyum yang tulus dan saling toleransi.

Kenangan para wisatawan akan merasakan ke unikan wisata yang ia datangi di Kabupaten Sumenep ada ciri khas masing-masing yang tak mungkin sama tempat wisata daerah –daerah lain. (mam)