SPMI Situ ilir Akan Kelola Agrowisata dan Pengadaan Pupuk Organik

78

berantasonline.com (Bogor Barat) – Serikat Petani Muda Indonesia (SPMI) Desa Situ Ilir Kecamatan Cibungbulang Kabupaten Bogor akan segera mewujudkan Program Pengelolaan Agrowisata dan Pengolahan Pupuk Organik.

Menurut Kepala Desa Situ Ilir Subchan, S.IP khusus pengelolaan pupuk organik tersebut akan dilakukan oleh masyarakat dengan menggerakkan potensi kalangan muda yang tergabung dalam SPMI dibidang pertanian.

Dikatakan Subchan, pelaksanaan program ini akan diarahkan dari sumber dana CSR kedinasan termasuk dari UPT Pertanian diwilayah Kecamatan Cibungbulang untuk penanaman dan fasilitas padi yang baru jenis Pare Rante, “Karena pare rante ini tahan nama dan hasil produksinya lumayan tinggi”, ujarnya.

Kepala Desa Situ Ilir menuturkan, untuk menyuplai 100 ton perbulan dengan tahap pertama lahan yang digunakan 20 hektar yang ditanam padi jenis pare rante, Bekerja sama denga pemilik lahan”, tandasnya.

Sementara itu Kasi Kesra Desa Situ Udik Wawan Dermawan mengungkapkan, setelah diuji coba ternyata mendapatkan hasil yang memuaskan dan akan bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Dedi Suherdi seorang tokoh masyarakat setempat yang juga menjabat Ketua RT menambahkan, sangat mendukung adanya program tersebut, “Apalagi harga pupuk organik itu murah dan hasilnya pun bagus”, imbuhnya, Selasa (6/3) ketika dimintai tanggapan. (Agil/Agus/red.1)