Sosialisasi Ketentuan Pemeriksaan dan Pelintasan Keimigrasian Bagi Masyarakat Diperbatasan

45

berantasonline.com (SULUT) – Sosialisasi tentang pemeriksaan dan lintas batas bagi masyarakat diperbatasan dilaksanakan oleh kantor imigrasi kelas II Tahuna di Mansion cafe, hari ini (27/6/19).

Kepala Bidang Lalu Lintas Ijin tinggal dan status keimigrasiaan kantor wilayah Hukum dan Ham  Wilayah Sulawesi utara, Montano F Rengkung, S.Sos,MM mengatakan, Keimigrasian adalah hal ihwal lalu lintas orang yang masuk atau keluar wilayah Indonesia serta pengawasannya dalam rangka menjaga tegaknya kedaulatan negara sesuai dengan aturan UU NO 6 Tahun 2011 Pasal 1.

Menurut Rengkung, dalam Pasal 66 angka 2 UU No 6 2011 disebutkan bahwa pengawasan terhadap warga negara indonesia yang memohon dokumen perjalanan keluar atau masuk wilayah indonesia, dan yang berada diluar wilayah indonesia,dan juga lalu lintas terhadap orang asing yang masuk atau keluar wilayah indonesia serta mengawasi keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah indonesia.

“Dan tentunya unsur utama yang saling terkait dalam rangka penguatan wilayah perbatasan adalah Anggaran Sarana Prasarana serta sumber daya manusia (SDM)”, ujarnya.

Hadir dalam sosialisasi instansi terkait Polisi TNI Angkatan laut TNI Angkatan Darat, Dinas tenaga kerja, Kejaksaan Tahuna, Satbandar.

(Handry Gandaria)