Setelah 6 Menteri Baru Diangkat, Presiden Jokowi Turut Melantik 5 Wamen

85

berantasonline.com (Jakarta)

Setelah melantik dan mengambil sumpah jabatan 6 Menteri Baru Kabinet Indonesia Maju, Presiden Joko Widodo, Rabu pagi (23/12-2020) melantik pula lima Wakil Menteri (Wamen) bertempat di Istana Negara Jakarta.

Pergantian kabinet ini setelah sebelumnya dua Menteri ditangkap KPK karena diduga tersangkut kasus korupsi.

Keenam Menteri yang baru dilantik tersebut adalah Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial menggantilan Juliari Batubara yang berurusan dengan KPK karena kasus korupsi, selanjutnya Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhi Prabowo yang juga tersangkut korupsi.

Kemudian Budi Gunawan Sadikin sebagai Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto, Sandiaga Salahuddin Uno menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama, Muhammad Lutfi menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto, dan Yaqut Holil Qoumas sebagai Menteri Agama menggantikan Fahrurozi.

Adapun kelima Wakil Menteri yang pada hari itu juga dilantik Presiden Jokowi yakni Letjen TNI Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertanan, Edwar Omar Sharif Hiariej sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM, Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan, Pahala N. Mansury sebagai Wakil Menteri BUMN, dan Harfiq Husnul Qolby sebagai Wakil Menteri Pertanian.

(bust)

Foto;Repro/Istimewa