Setahun Urus KTP di Kota Bogor Tak Kunjung Selesai

213

berantasonline.com (Bogor Jawa Barat) -Nampaknya mega korupsi KTP elektronik yang dilakukan Mantan Ketua DPR Setya Novanto dkk berimbas hingga ke Kota Bogor.

Wartawan Koran Berantas Irawan Ridwan mengisahkan pengalaman pahitnya yang hampir satu tahun pontang-panting mengurus KTP elektronik di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bogor Jl. Pandu Raya, Bogor Utara.

Dengan berbagai alasan didapatkannya, mulai dari tidak tersedianya blangko KTP elektronik, perubahan sistem lama ke sistem baru, dan macam-macam alasan lain hingga membosankan.

“Surat keterangan pengganti KTP elektronik sudah dua kali diperbaharui, tapi yang Asli cuma tinggal janji”, ujar Irawan.

Saat persoalannya ditanyakan langsung kepada Kepala Disdukcapil Kota Bogor Dody Ahdiyat, Selasa (3/4), diperoleh penjelasan bahwa tidak tersedia tinta untuk mencetak KTP elektronik. “Tunggu saja sampai pertengahan bulan April 2018”, jelas Dody.

Yang lebih menjengkelkan, sambung Irawan Ridwan, salah seorang Ibu Kepala Seksi urusan KTP bersikap acuh sambil bermain HP saat menerima keluhan para pemohon KTP elektronik.

Pejabat Disdukcapil Kota Bogor nampak asyik bermain HP sambil melayani keluhan pemohon KTP elektronik.

“Sungguh tidak pantas perilaku pejabat ASN seperti ini, Walikota Bogor perlu mengambil tindakan tegas agar citra Aparat sebagai pelayan masyarakat tidak tercoreng oleh sikap ASN seperti ini”, ujarnya. (red.1/IR)