Selain Program TMMD, Camat: Terimakasih Dandim 0607/Kota Sukabumi Sumbang Bantuan Pembangunan ODF 6 Titik

27

berantasonline.com (Sukabumi) – Open Defecation Free (ODF) dapat membudayakan 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang diantaranya Stop Buang Air Besar Sembarangan, Cuci tangan Pakai Sabun (CTPS), Pengelolaan Air Minum dan Makanan Rumah, Pengamanan Sampah Rumah Tangga, dan Pengamanan Dengan Limbah Cair Rumah Tangga.

Tujuan dari program pembangunan ODF tersebut untuk mewujudkan masyarakat yang bersih dan sehat, serta untuk membiasakan masyarakat agar tidak buang air besar sembarangan.

“Alhamdulillah untuk program ODF respon dari warga, tokoh masyarakat serta para pengusaha sangat positif dan untuk tahap awal kita akan membangun 7 titik hasil sumbangan dari para pengusaha. Ada juga yang sedang di bangun dari sumbangan Dandim 0607/Kota Sukabumi sebanyak 6 titik yang berlokasi di Desa Sundawenang” ungkap Camat Parungkuda H. Amir Hamzah kepada berantasonline.com dijumpai dilokasi, Kamis (25/3/2021).

Lanjut Amir, saya harap dengan adanya program ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat dan juga ada beberapa pembangunan MCK dan pembangunan tempat kotoran yang dibangun oleh para anggota TNI dalam program TMMD ini.

“Saya berterima kasih kepada Dandim 0607/Kota Sukabumi beserta jajaran yang sudah membantu kami dalam program ODF dan program lainnya termasuk TMMD ini, mudah-mudahan dapat bermanfaat dan membantu masyarakat dengan adanya sarana prasarana tersebut”, tuturnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Sundawenang Wahid menambahkan, saya mewakili warga Desa Sundawenang sangat berterima kasih kepada para anggota TNI Kodim 0607/Kota Sukabumi dan anggota Raider 300/Brawijaya Cianjur yang setiap hari bekerja keras gotong royong bersama warga masyarakat Desa Sundawenang dalam membangun sasaran program TMMD dan membantu program ODF.

“Dan kami berterimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi karena bagaimanapun juga pelaksanaan TMMD ini tentu atas peran dari Pemerintah Daerah terutama dalam pengadaan anggaran, dan tidak lupa untuk semua elemen masyarakat yang ikut serta dalam pelaksaan TMMD tersebut”, pungkasnya.

(Riswan)