Sekdakab Sukabumi Harapkan Pelaksanaan UN SMP Berjalan Baik Tanpa Kecurangan

83

berantasonline.com (Sukabumi) – Ujian Nasional atau biasa disingkat UN / UNAS merupakan sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional sebagai persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, penentuan standar yang terus meningkat diharapkan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan adalah penentuan nilai batas (cut off score).

Sebagai salah satu upaya untuk menspirit para peserta UN dan menjamin pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Tingkat SMP di Kabupaten Sukabumi, Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi H. Iyos Somantri memantau kegiatan pelaksanaan UN di wilayah Kecamatan Cibadak, Senin (23/04).

“Hari ini kita melihat pelaksanaan ujian nasional di wilayah kecamatan cibadak di antaranya SMP 1 Cibadak, SMP Mardiyuana cibadak dan SMP Lukmanulhaqim Cibadak”, jelas Sekda saat melakukan monitoring.

Dalam kunjungannya Sekda berpesan bahwa pelaksanaan ujian dilaksanakan dengan baik, kredible, aman, tertib dan lancar. Selain itu Sekda pun mengingatkan kepada panitia penyelenggara agar tetap menjaga keamanan dan keberhasilan dalam hal pelaksanaan, salah satunya dengan sistem dan mekanisme pendistribusian soal agar sesuai dan tepat waktu, tepat jumlah dan tepat bahan yang diujikan.

“Semua panitia pelaksana di kabupaten sukabumi harus betul – betul mempersiapkan, sehingga pada pelaksanaanya pendistribusian soal tepat waktu, tepat jumlah dan tepat sasaran bahan yang akan di ujikan”, jelasnya.

Sekda pun meminta dalam pelaksanaan ujian nasional ini untuk tidak melakukan kecurangan baik dari peserta didik, pengawas, maupun dari panitia ujian. (Ebi/Riswan)