Sekda Sukabumi Buka Rapat Koordinasi Penyusunan Disagregasi PMTB Tahun 2018

64

berantasonline.com (Sukabumi) – Survey Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) merupakan salah satu sumber data strategis. Terutama untuk mengidentifikasi dan memetakan potensi investasi fisik. Data disagregasi PMTB menjadi bekal pemerintah dalam merumuskan kebijakan yang tepat dalam meningkatkan iklim investasi. Sehingga daya saing usaha tinggi dan tenaga kerja terserap dengan baik.

Demikian hal tersebut di sampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Drs. H. Iyos Somantri, M., Si. ketika membuka secara resmi Rapat Koordinasi Penyusunan Disagregasi PMTB tahun 2018 yang dihadiri Kepala Seksi Neraca Lalu Lintas Sektoral BPS Prov. Jabar, Kepala BPS Kab. Sukabumi, Kabid DPMPTSP Kab. Sukabumi, Perangkat Daerah dan para tamu undangan. Bertempat di Hotel Pangrango Salabintana Sukabumi, Kamis (19/04).

Saat ini, Program Penyusunan Disagregasi PMTB yang sedang dikerjakan oleh BPS Kabupaten menjadi prioritas nasional dengan mewujudkan Pengembangan Dunia Usaha dan Pariwisata serta dijabarkan dalam Perbaikan Iklim Investasi dan penciptaan Lapangan Kerja.

Dikatakan lebih lanjut, mengingat pentingnya peranan dari BPS tersebut , diharapkan peran serta dan sinergitas antara BPS dengan Perangkat Daerah serta para pelaku usaha khususnya di Kabupaten Sukabumi. Data yang di hasilkan oleh BPS harus sangat akurat dalam rangka menunjang Pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam penentuan kebijakan.

“Salah satu komponen yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi adalah investasi fisik, yang direalisasikan dalam bentuk penambahan kapital atau dikenal juga sebagai Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB). Untuk dapat mengetahui sejauh mana investasi yang memegang peranan penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan diperlukan instrumen khusus yang dapat dijadikan indikatornya”, ungkap Sekda.

 

“Kegiatan ini berlangsung selama satu hari yang di ikuti oleh 70 peserta yang berasal dari unsur Dinas/Instansi, Perwakilan Perusahaan/Usaha dan Lembaga non Profit yang ada di Kabupaten Sukabumi”, jelas Yeni Mulyaningsih selaku Panitia Penyelenggara.

Adapun tujuannya adalah untuk memberikan pengetahuan kepada peserta mengenai maksud dan tujuan survei Penyusunan Disagresi PMTB, untuk memperoleh gambaran berdasarkan jenis barang, lapangan usaha dan sektor institusi serta meningkatkan data neraca nasional lain yang terkait investasi Kabupaten Sukabumi yang dapat digunakan sebagai bahan perencanaan ekonomi makro. (Riswan/Ebi)