Sejumlah Kawasan di Kota Depok Rawan Banjir

49

Berantasonline.com (DEPOK)

Adapun kawasan yang rawan banjir tersebut yakni beberapa kawasan di Kota Depok, Jawa Barat, masih berpotensi rawan banjir tidak ada perubahan dari tahun – tahun sebelumnya.

Kabiro Koran Berantas Depok kemaren melakukan safari ke beberapa titik banjir dan ternyata yang terparah di Jln AR Hakim, dimana laju kendaraan yang dari Jln Margonda menuju Jln Nusantara harus melalui Jln AR Hakim harus sangat berhati – hati, begitu juga dengan Jln Ridwan Rais depan Alfa Mart yang menuju kapling Pupuk Kujang.

Keenam titik lokasi rawan banjir tersebut adalah Jalan Arif Rahman Hakim, dua titik di Jalan Margonda, Kelapa Dua, Perumahan Taman Duta, dan Jalan Siliwangi. Ketinggian air di lokasi bervariasi.

“Di Jalan Arif Rahman Hakim itu bilamana curah hujan tinggi mengakibatkan genangan air sekitar 50 cm yang mengakibatkan lambatnya laju kendaraan.

Untuk itu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok meminta warga untuk mewaspadainya di saat musim penghujan tahun ini.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Kota Depok Denny Setiawan mengatakan, kawasan rawan banjir saat hujan lebat antara lain Jalan Arif Rahman Hakim (ARH), Jalan Ridwan Rais, depan SPBU Pertamina Pondok Cina, Perumahan Bukit Cengkeh, dan Perumahan Taman Duta.

“Lokasi tersebut memang sudah langganan (banjir). Namun, yang bisa kami tangani hanya lokasi genangan yang diakibatkan sampah, seperti crossingan inlet Situ Pladen di ARH,” jelasnya.

Sebagai langkah antisipasi, ucapnya, akan disiagakan lima personel Satuan Tugas (Satgas) selama 24 jam. Sedangkan di hari kerja, seluruh Satgas melakukan kegiatan rutin, yaitu pengangkatan sampah, normalisasi situ, dan pembuatan turap.

“Kami minta warga untuk selalu waspada dan menjaga kebersihan. Sebab, kita sudah memasuki musim penghujan dan potensi bencana bisa menimpa siapa saja,” tuturnya.

(Achmad Hudori)