Satlantas Polres Sumenep Tekankan Sepeda Motor Gunakan Knalpot Standar Sesuai SNI

27

berantasonline.com (Sumenep)
Salah satu upaya tertibkan pengguna kenalpot blong, Satlantas Polres Sumenep di awal tahun 2019 melakukan razia guna memberikan kenyamanan kepada masyarakat. Razia yang dilakukan tersebut untuk mengurangi angka kecelakaan yang menggunakan roda kecil, kemudian antisipasi balapan liar agar tidak sering terjadi kecelakaan.

Menurut Kasat Lantas Polres Sumenep AKP Deddy menegaskan bahwasanya spesifikasi sepeda motor harus sesuai dengan standart SNI dan semua lengkap dari pabrik serta tidak boleh ada yang dirubah kalaupun ada yang menggunakan kenalpot blong jelas melanggar peraturan yang berlaku.

Peraturan yang dimaksud menurut Kasatlantas, “Termaktub pada aturan Pemerintah menteri lingkungan hidup nomor 7 tahun 2009, kemudian ditegaskan dalam Undang- undang Republik Indonesia nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan angkutan jalan dalam pasal 285”, ungkap Deddy

Adapun prosedur proses tilang, pertama di tilang kedua disidang di Pengadilan Negeri Sumenep, ada sidang pada tanggal 04 sampai tanggal 11 dengan membawa surat tilang tersebut dengan cara membayar ditempat, otomatis baru diganti dengan standat SNI semuanya dilengkapi dukemen yang ada seperti STNK kalau sudah lengkap baru bisa digunakan.

Pada malam tahun baru hasil operasi Satlantas Sumenep mencapai Seratus Dua puluh sepada motor yang menggunakan knalpot Blong serta sepeda motor yang menggunakan roda kecil.

Harapan Kedepan tidak ada lagi knalpot blong dan tidak ada lagi sepeda motor yang menggunakan roda kecil, guna ciptakan kenyaman bagi masyarakat luas, tertib dan nyaman untuk seluruh masyarakat pengendara.

(hry)