Satlantas Polres Bogor Ciptakan Alat Edukasi Keselamatan Berlalulintas

126

berantasonline.com (Bogor) – Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor AKP Hasby Ristama, S.IK, Minggu (25/3), memimpin pelaksanaan kegiatan lomba Pembuatan Alat Teknologi Inovasi Kreatif sebagai Alat Edukasi Keselamatan, di Pos Polisi 2B Gadog Puncak Kabupaten Bogor.

Menurut Kasat Lantas, melalui kegiatan ini para Anggota Polantas dituntut untuk dapat berkreasi menciptakan alat-alat edukasi bagi pengendara agar tertib berlalu lintas menggunakan barang-barang sederhana dan unik.

“Polres Bogor menggunakan tagline Low cost high gain, yakni barang yang dibuat harus murah meriah namun berdaya guna tinggi. Sehingga bisa di produksi banyak dan mudah di buat. Tujuannya untuk mendukung tugas Kepolisian di bidang Lalu Lintas khususnya dalam mencegah Laka Lantas dan edukasi”, ujar AKP Hasby.

Peserta kegiatan terdiri dari 15 tim yang merupakan Anggota Unit Lantas Polsek dan Unit Laka Lantas Polres.

Nampak hadir dalam kegiatan tersebut, para Kaur dan Kanit di jajaran Satlantas Polres Bogor, serta para Kanit Lantas di jajaran Polsek.

Hasil dari perlombaan inovasi kreatif tersebut adalah :
1. Patung super hero Himbauan penggunaan helm, yang berguna untuk mensosialisasikan kepada masyarakat pentingnya penggunaan Helm.
2. Papan Rambu Portable himbauan daerah rawan laka lantas, berguna untuk mensosialisasikan kepada masyarakat lokasi rawan laka lantas.
3. Water barier dengan himbauan keselamatan berlalu lintas.
4. Papan himbauan kedip / lampu Blitz dengan tulisan sosialisasi penggunaan helm
5. Lampu rambu “Hati-Hati” dan gambar tengkorak menggunakan lampu Blitz.
6. Lampu Blitz sosialisasi tahun keselamatan berlalu lintas, yang dapat digunakan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat, bahwa keselamatan adalah tanggung jawab bersama.
7. Trafic Cone dengan menggunakan lampu peringatan, yang dapat digunakan sebagai pembatas lajur dilengkapi dengan lampu peringatan.
8. Papan Mobil Patwal yang dilengkapi dengan strobo, dapat digunakan sebagai himbauan kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati dalam berkendara.
9. Lampu penunjuk arah bertuliskan “POLISI” menggunakan lampu LED dan lampu blitz dapat digunakan sebagai penunjuk arah kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan Pihak kepolisian.
10. Lampu lalin yang terbuat dari pipa pvc yang dapat digunakan untuk kegiatan Dikmas Lantas.
11. Alat edukasi traffic light untuk anak sekolah.

(indrawan)