Rumah Sakit Tidak Boleh Membatasi Waktu Perawatan Pasien BPJS

1267

berantasonline.com (Cibinong) – Rumah Sakit tidak boleh membatasi waktu perawatan kepada pasien, apalagi ditentukan cuma tiga hari bagi pasien BPJS Kesehatan.

Demikian keterangan Fera selaku Kepala Bidang Pengaduan BPJS Kesehatan Cabang Cibinong menjawab pertanyaan Wartawan peserta Media Gathering, Kamis (25/7) di Aula Restoran Restoran Bumi Aki, Pakansari Cibinong, Bogor.

Kabid Pengaduan BPJS Kesehatan Cabang Cibinong, Fera.

Ia menegaskan, bahwa selama pasien itu belum sembuh harus tetap dilayani. “Silahkan laporkan kepada kami jika ada Rumah Sakit berbuat seperti itu, akan kami tindaklanjuti. Mengenai penghentian perawatan itu sepenuhnya wewenang dokter”, ujar Fera yang diamini oleh Kabid Umum dan Publikasi Publik, Anto.

Acara Media Gathering yang dilaksanakan BPJS Kesehatan Cabang Cibinong tersebut, diikuti oleh 20 orang Wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor dengan nara sumber sejumlah Pejabat BPJS Kesehatan Cabang Cibinong.

Pjs. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cibinong, Aghif Q. Azhary ketika membuka acara tersebut mengatakan, kegiatan ini merupakan silaturahmi sekaligus sharing dan tanya jawab, serta diharapkan kalangan Pers untuk menyiarkan informasi yang positif tentang Penyelenggaraan BPJS Kesehatan, “Sementara infomasi yang negatif akan dijadikan bahan introspeksi untuk kebaikan”, tegas Aghif.

Pjs. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cibinong Aghif Q Azhary (kiri), Kabid Umum dan Publikasi Anto (kanan)

Kepala Bidang Umum dan Publikasi Publik, Anto dalam kesempatan yang sama mengatakan, saat ini peserta BPJS Kesehatan di Kabupaten Bogor telah mencapai jumlah 3.367.385 orang dari jumlah penduduk sebanyak 4.585.812 jiwa yang telah memiliki NIK, “Berarti sudah mencapai 79 persen, diharapkan target 100 persen akan dapat tercapai”, ucapnya.

Dalam kaitan peningkatan pelayanan BPJS Kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Bogor, Anto menjelaskan bahwa saat ini pihaknya melakukan jemput bola dengan mendirikan stand-stand di tiap Kantor Kecamatan hingga Kelurahan/Desa.

“Kami juga menghimbau masyarakat untuk memanfaatkan fisilitas aplikasi Mobile JKN yang dapat didownload melalui Playstore untuk melakukan perubahan data peserta dan lain-lain, sehingga tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke Cibinong”, tandasnya.

Ketua PWI Kabupaten Bogor, H. Subagiyo

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Bogor H. Subagyo dalam sambutannya menyampaikan bahwa selama ini pihaknya sering menerima informasi yang sifatnya negatif thinking tentang penyelenggaraan Program BPJS Kesehatan.

“Hal ini dimungkinkan karena kurangnya penjelasan dan sosialisasi dari penyelenggara BPJS. Oleh sebab itu melalui Media Gathering ini diharapkan rekan-rekan Wartawan mendapatkan penjelasan tentang peran BPJS Kesehatan untuk disebar luaskan kepada masyarakat Kabupaten Bogor”, pungkasnya.

(Bust/Indrawan)