Riskesdas Warga Sukamaju Megamendung Diikuti 10 KK

254

berantasonline.com(Bogor) – Petugas Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan RI bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Selasa (17/4), melaksanakan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 berbasis komunitas berskala nasional, di Desa Sukamaju Kecamatan Megamendung.

Diperoleh keterangan, Riskesdas yang berfungsi untuk mengevaluasi pembangunan kesehatan dasar warga tersebut, menggunakan kerangka sampel dari Badan Pusat Statistik (BPS).

“Alhamdulillah warga Desa Sukamaju dapat melakukan kegiatan Riskesdas dibantu petugas Puskesmas, dengan harapan dapat membangun kesehatan warga menjadi lebih baik”, ungkap Ketua Tim Penggerak PKK Desa Sukamaju Kecamatan Megamendung, Ade Martini didampingi Bidan Desa Nia Isnaniar kepada berantasonline.com.

Dikatakan, lima sampai enam tahun dianggap interval yang tepat untuk menilai perkembangan status kesehatan masyarakat, faktor risiko, dan perkembangan upaya pembangunan kesehatan.

Bhabinkamtibmas Desa Sukamaju, Aiptu IB Kade Mahendra menambahkan, peserta Riskesdas telah sesuai dengan data yang diterima dari BPS, “Kita hanya menerima peserta berdasarkan data BPS, untuk Desa Sukamaju sendiri hanya diikuti 10 Kepala Keluarga yang terdiri dari warga Rt 04/ 02 dan Rt 04/05, harapan kedepan warga Desa Sukamaju dapat lebih menjaga kesehatannya”, ujarnya.

Bhabinkamtibmas Sukamaju menambahkan, “Disini juga saya membantu warga dalam mendaftar terutama bagi lanjut usia”, imbuhnya. (Zul/Helmi)