Ribuan Santri Bogor Tuntut Fadli Zon Diadili

286

berantasonline.com (Bogor) – Ribuan santriwan/ti menggelar aksi demo di depan gedung tegar beriman, Pemda Kabupaten Bogor, Jumat (15/02), mereka membela Kyai Ma’ Zubaer yang telah dihina oleh Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon.

Aksi santri ini diikuti oleh Ketua PCNU Kabupaten Bogor KH Romdhon, para kyai, ustadz, Ikatan Pemuda NU, GP Anshor, dan elemen masyarakat lainnya. Dalam aksinya mereka membentangkan spanduk dan poster bertuliskan adili Fadli Zon penista Kiyai sepuh Emah Moen.

Mereka berunjuk rasa menggunakan mobil yang dilengkapi pengeras suara, isi tuntutannya yaitu mendesak MKD DPR RI memeriksa Fadli Zon, mendesak Kapolri dan Bawaslu RI agar menyelidiki pernyataan Fadli Zon karena dinilai tidak menghormati Panca Karsa Bupati Bogor yang berkeadaban.

Selain itu juga mereka mengultimatum Fadli Zon 1 X 24 jam minta maaf kepada masyarakat Kabupaten Bogor dan seluruh santri se Indonesia.

Ditambahkan pula bahwa Fadli Zon agar dengan segera mengklarifikasi atas puisinya yang sangat menghina Kyai sepuh. Sebelum melakukan aksi mereka menggelar tawasulan memanjatkan doa agar dalam pelaksanaan aksi berjalan damai dan tertib saat berorasi.

Dalam aksi damai santri tersebut, pihak kepolisian Polres Bogor melakukan pengawalan agar tidak terjadi anarkis atau hal yang tidak diinginkan. Pukul 16 .00 WIB mereka membubarkan diri.

(Sam)