Rehab Gedung SDN Nyompok 2 Serang Bantuan Kemendikbud, Pelaksanaannya Diborongkan

348

berantasononline.com (Serang Banten) -Rehabilitasi bangunan gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) Nyompok 2 Kecamatan Kopo Kabupaten Serang, dilaksanakan dengan dukungan biaya APBN Kemendikbud sebesar Rp 378.861.000 secara swakelola.

Pembangunan diarahkan pada rehabilitasi 4 ruang kelas, namun dalam prakteknya menggunakan jasa kontraktor alias diborongkan.

Diperoleh keterangan, pelaksanaan pekerjaan telah dikontrakkan dengan biaya Rp 60 juta, disamping itu material bongkaran bangunan lama dijual dengan harga Rp 5 juta.

Kepala SDN Nyompok 2 Kecamatan Kopo, Nuryadi ketika dikonfirmasi melalui ponselnya, Sabtu (1/9) lalu, mengakui bahwa pekerjaan renovasi bangunan SD yang dipimpinnya telah diborongkan, “Tetapi pengendaliannya ada di saya, kalau tidak diborongkan kapan beresnya?”, ujar Nuryadi.

“Karena uang hanya segitu, dan penunjukkan langsung, saya terima beres. Itupun hasil musyawarah dengan Ketua Komite Sekolah dan Tim Pelaksana”, tambahnya.

Sementara itu, Bendahara Sekolah Ade menjelaskan bahwa swakelola di subkontrakkan kepada pihak ketiga dengan biaya Rp 60 juta, dan hasil penjualan bongkaran bangunan lama sebesar Rp 5 juta digunakan untuk membeli bangku sekolah dan pemagaran.

Namun Ketua Komite Sekolah Ustadz Sahudi membantahnya, “Saya tidak tahu dari awal dan tidak pernah diajak musyawarah”, tegasnya.

Petugas Subkontraktor, Uci mengaku menerima borongan rehabilitasi sebesar Rp 47 juta, mulai dari material dan HOK pekerja. “Untuk rangka baja dan kusen dari alumunium diambil oleh konsultan”, katanya.

(Rais/red.1)