Ratusan Personil TNI Gelar Ziarah Bersama dan Meresmikan Rumah Milik Warga

167

Berantasonline.com (Cianjur)

Ratusan Personil TNI Jajaran Kodim 0608 Cianjur akhirnya rampung menyelesaikan pembangunan rumah milik keluarga Badranudin (56) warga Kampung Maleber RT 3 RW 12 Desa Ciherang Kecamatan Pacet, Senin (16/12). Nampak raut wajah pria yang sehari – hari menjadi buruh tani sangat terharu, menyambut kedatangan iring – iringan rombongan Dandim 0608 Cianjur Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani.

“Sambut Hari Juang TNI – AD, kami persembahkan rumah untuk Pak Badranudin. Alhamdulillah berkat kerjasama dengan Klinik Harapan Sehat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Cianjur, kita bisa membangun rumah tidak layak huni (rutilahu) milik Pa Badranudin,” ujar Dandim 0608 Cianjur Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani.

Untuk proses pembangunan sendiri memakan waktu sekitar tiga minggu, dan kini rumah sudah bisa ditempati. Semoga dengan pembangunan rutilahu ini bisa bermanfaat.

“TNI AD adalah kita, dan milik rakyat. Kita senantiasa berada di masyarakat dan menjaga NKRI,” tegasnya.

Menurutnya dalam Kerja Bakti yang bertema “Memberdayakan Wilayah Pertahanan Melalui Kegiatan Binter Terpadu Guna Memantapkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang Yang Tangguh”, ini menumbuhkan jiwa sosial masyarakat.

“Kita secara bersama-sama bergotong-royong membuat program Beras Delima yaitu Berbagi Rasa dengan Sesama. Saya ucapkan terimakasi semua jajaran yang sudah membantu program ini,” paparnya.

Sebelum peresmian rumah Badranudin, dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD yang jatuh pada 15 Desember 2019, Kodim 0608/Cianjur beziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikaret di Jalan Raya Siliwangi, Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur. Upacara ziarah juga diikuti personel Yon 300 Raider, Yon Armed 5, dan ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana. Upacara dipimpin oleh Komandan Kodim 0608 Cianjur Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani.

“Kegiatan ziarah ini memiliki tujuan untuk menghormati, dan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Dandim.

Menurutnya, sebagai generasi penerus, sudah sepatutnya memberikan penghargaan dan penghormatan yang layak untuk para pahlawan yang telah gugur mendahului. Jajaran Kodim 0608/Cianjur mengajak 400 ulama ajengan Anom Cianjur untuk menangkal bahaya ajaran radikalisme sesat yang menyimpang dan membahayakan.

Sementara itu Relawan Bedah Rumah dari Klinik Harapan Sehat, dr. Yusuf Nugraha megucapkan rasa terima kasihnya kepada Dandim 0608/Cianjur beserta tamu undangan lainnya. Pihaknya sebagai masyarakat sipil mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada TNI khususnya Kodim 0608, yang telah bersama-sama rakyat membantu masyarakat.

“Saat ini masih banyak masyarakat yang sedang kesulitan. Namun, Alhamdulillah hari ini bisa terlaksana kegiatan pembinaan teritorial terpadu Kodim 0608/Cianjur yang bekerjasama dengan seluruh masyarakat, bisa selesai membangun rumah tidak layak huni Bapak Badranudin,” katanya.

Kegiatan ini menunjukan adanya sinergitas antara TNI Manunggal dengan masyarakat, tentunya ini sangat luar biasa. Menurutnya Dandim sangat responsif, ketika mendapat laporan warga yang kesulitan langsung terjun ke lapangan membantu warga.

“Kondisi rutilahu ini, sangat membutuhkan bantuan dan Dandim langsung cepat tanggap dengan menyiapkan seluruh anggotanya, tentunya ini merupakan hal luar biasa,” jelasnya

Untuk material bangunan, dibuat dengan bahan khusus ramah lingkungan dengan campuran bahan limbah plastik. Pasalnya selama ini warga tidak mampu siapa saja bisa berobat gratis, dengan membawa 10 botol plastik saja.

“Plastik bekas tidak terurai selama 500 tahun, sehingga saya berinisiatif memanfaatkannya membangun rumah bahan material dengan campuran plastik bekas,” paparnya.

Adapun Camat Pacet Yudi Suhartoyo menyambut baik program ini. Tentunya ini merupakan salah satu motivasi bagi orang yang mampu, untuk peduli dengan sesama.

“Kami sebagai pemerintah, sedang mendata jumlah
rutilahu. Sehingga nanti ada program seperti ini bisa tepat sasaran,” paparnya.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Dandim 0608 beserta jajarannya, dan Klinik Harapan Sehat yang sangat mensupport kegiatan ini. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa terus berjalan.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Pak Dandim. sudah membangun rumah beliau. Sekarang Pak Badranudin sudah tidak khawatir roboh lagi rumahnya,” pungkasnya.

(Dim 0608/Not)