Rapat Paripurna DPRD Memperingati HUT Muratara Ke 6 Tahun 2019

53

berantasonline.com (SUMSEL) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Kabupaten Musi Rawas Utara, menggelar rapat paripurna istimewa memperingati hari jadi ke-6, di ruang paripurna DPRD Muratara. Kamis (27/6/2019)

Sidang dipimpin Ketua DPRD Efriyansyah, S.Sos, dihadiri Wakil Ketua I Hendri, Gubernur Sumsel H. Herman Deru, Bupati Muratara, H.M Syarif Hidayat, Bupati Musi Rawas H. Hendra Gunawan, Bupati Sarolangun Jambi, Wakil Walikota Lubuklinggau, H. Sulaiman Kohar, Kejari Lubuklinggau Hj.Zairida, Wakapolres Mura AKBP Suhendro, Dandim 0406, Letkol.Inf.M.A’an Setiawan, Ketua Pengadilan Agama Lubuklinggau, Nini Haryanti, Kepala Brimob Pelopor Petanang, Kompol Eko Sumaryanto, Kepala OPD, Camat dan Ormas, Ketua TP PKK Lia Mustika Syarif, serta tamu undangan lainya.

Ketua DPRD, Efriyansyah dalam pidatonya mengucapkan selamat datang dalam rapat paripurna istimewa DPRD dalam rangka HUT Muratara ke 6 tahun.

“HUT Muratara yang ke 6 ini, kami mengusung tema hari jadi ke-6 Musi Rawas Utara kita gelorakan semangat berselang serundingan menuju Muratara Bangkit dan Sejahtera,” kata Efriyansyah.

Maril kita jadikan momentum apresiasi kepada pelaku sejarah dalam pembangunan dan sebagai intropeksi terhadap pembangunan di Muratara yang masih DOB dan terlahir dari kesejarahan wilayah, budaya, bahasa daerah, adat istiadat.

Selain itu, dirinya mengajak dalam pembangunan sebagai kabupaten yang masih sangat mudah untuk seluruh komponen masyarakat dan jajaran pemerintah di semua tingkat agar bersatu dalam mensukseskan segala program Kegiatan kabupaten Muratara.

“Sebagai Kabupaten yang relatif baru pasti terfokus untuk membangun dan membutuhkan dana yang tidak sedikit. kami mengharapan dukungan pemerintah Provinsi Sumsel memberikan bantuan dalam rangka peningkatan pembangunan di Muratara Agar dapat sejajar dengan dengan Kabupaten/kota lainya,” harapnya.

Sementara, Bupati Muratara, H.M Syarif Hidayat mengatakan, memberikan penghargaan yang tulus terhadap elemen masyarakat yang terus bersinergi demi membangun Kabupaten Muratara.

“Pemerintah daerah Kabupaten Muratara terus ber-upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan infrastruktur dan pengembangan sumber daya manusia,” kata H.M Syarif Hidayat.

Bupati Muratara, H M Syarif Hidayat, dalam memperingati hari jadi Kabupaten Muratara yang ke-6, tahun 2019, merupakan tahun ke 4 dirinya bersama wakil bupati H Devi Suhartoni melaksanakan amanah memimpin daerah.

Atas nama Pemkab Muratara, saya mengucapkan terima kasih sebesar-besanya kepada masyarakat Muratara yang telah banyak mendukung dan bersama-sama bergandengan tangan dalam pembangunan. Khusus terhadap Gubernur Sumsel terima kasih atas pemberian CSR pembangunan stadion Kabupaten Muratara dengan dana sebesar Rp9,5 miliar.

Selain itu, peningkatan jalan provinsi dari Desa Bukit Ulu sampai Desa Maur dengan dana sebesar Rp15,3, dan bantuan gubernur sebesar Rp11,5 miliar peningkatan jalan Kabupaten Muratara, bantuan gubernur Rp2 miliar lebih untuk 82 desa dengan rincian masing-masing desa sebesar Rp25 juta untuk mendukung pembangunan desa.

Bupati juga berharap kepada Pemprov Sumsel untuk jalan Muara Rupit – Karang Dapo sampai perbatasan Musi Rawas (Lakitan) dan Simpang Nibung – Tebing Tinggi – Bingin Teluk sampai perbatasan Musi Banyuasin agar ditingkatkan statusnya menjadi jalan provinsi.

“Karena kedua ruas jalan tersebut sangat strategis menghubungkan antara Kabupaten Muratara dengan Kabupaten Musi Rawas dan Kabupaten Muratara dengan Kabupaten Musi Banyuasin, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Bupati melanjutkan, perekonomian Kabupaten Muratara saat ini secara umum mengalami pertumbuhan sebesar 4,21 persen.

Namun tantangan yang harus diatasi adalah mendorong pemerataan pembangunan dan pengembangan potensi lokal sehingga pertumbuhan pendapatan per kapita dinikmati oleh seluruh golongan masyarakat di seluruh kecamatan.

(ADV/Haris)