Rangkaian Kegiatan HUT ke 22 Kabupaten Tanggamus dan HUT ke 55 Provinsi Lampung

29

berantasonline.com (Tanggamus) – Pemkab Tanggamus menggelar upacara di Lapangan Merdeka Kotaagung, Kamis (21/3). Upacara ini masih menjadi rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 22 Kabupaten Tanggamus dan HUT Ke 55 Provinsi Lampung.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani dan Komandan Upacara Camat Ulubelu Yosa Sumbala. Upacara ini diikuti seluruh ASN dilingkungan Pemkab Tanggamus, TNI/Polri,pelajar SD-SMP, para ASN dan Ormas.

Turut Hadir dalam upacara, Wakil Bupati Tanggamus Hi AM Syafii, S. Ag, Kepala Kejari Tanggamus David P Duarsa, S. H, M. H, Ketua Pengadilan Agama Asrori, S. H, M. H, Mantan Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan, S. T, Kasdim 0424 Mayor Inf Suhada Erwin, Kabag Ren Polres Tanggamus Kompol Misbahudin, Kalapas Kotaagung Sohibur Rachman, Kepala OPD, Camat dan Kepala Pekon. Lalu Ketua TP PKK Hj Sri Nilawati dan Ketua DWP Nuraini Hamid Lubis.

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani dalam amanatnya, mengatakan usia 22 tahun adalah rentang perjalanan yang penuh dengan romantika dan dinamika sejarah. Sebuah Kabupaten yang dulu bagian dari Kabupaten Lampung Selatan, kini telah menjelma menjadi sebuah Kabupaten yang definitif dan telah melahirkan Kabupaten Pringsewu yang dulunya sebagai bagian dari wilayah Kabupaten Tanggamus.

“Sebagai masyarakat Tanggamus kita wajib bersyukur dengan menjadikan hari kelahiran Tanggamus sebagai sebuah inspirasi dan motivasi. Mari kita jadikan setiap untaian peristiwa yang penuh hikmah. Terimakasih kepada pendiri dan pemimpin Kabupaten Tanggamus sebelumnya atas jasa dan pengabdian terbaik kepada Kabupaten Tanggamus. Marilah kita satukan tekad sesuai visi dari Kabupaten Tanggamus yaitu , tangguh, agamis, mandiri dan sejahtera,” ujar bupati.

Dilanjutkan bupati bahwa patut disyukuri karena angka pengangguran mengalami penurunan dari 5,08% pada tahun 2017, menjadl 2,23% di tahun 2018. Angka kemiskinan Kabupaten Tanggamus menurun dari 13,25 % menjadi 12,48 %.

“Terkait Pekon tertinggal, dari sebelumnya 100 pekon tertlnggal, saat Inl pekon tertinggal di Kabupaten Tanggamus tersisa 28 Pekon tertinggal. Untuk itu agar Kabupaten Tanggamus ini menjadi maju lagi perlu adanya dukungan dari seluruh elemen khususnya masyarakat, saatnya Tanggamus menjadi Kabupaten maju dan sejahtera, “pungkas bupati.

Usai kegiatan upacara di Lapangan Merdeka Kotaagung, Bupati dan jajaran Forkopimda melakukan ziarah tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Bahagia Kotaagung Timur yang dipimpin Dandim 0424 Tanggamus Letkol Arh Anang Hasto Utomo.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan Pangan Balak di Taman Ir Soekarno Kotaagung. Turut hadir dalam kegiatan Pangan Balak Sai Batin Puniakan Dalom Beliau (SBPDB) Sultan Sekala Brak yang dipertuan ke 23 Brigjend (Purn) Edwarsyah Pernong, Ketua DPD PDIP Lampung Sudin.

(ADVETORIAL)