Ramuan Tradisional Sumenep Penangkal Virus Corona

79

Herman Wahyudi warga Pinggir Papas, Kaianget Sumenep

berantasonline.com (SUMENEP)

Warga Desa Karang Anyar, Kalianget Timur, Kecamatan Kalianget, Sumenep, Madura, Jawa Timur, punya cara sendiri dalam menangkal virus corona (Covid-19). Mereka meyakini ramuan tradisional yang ada di sekitar pekarangan rumah bisa menangkal virus corona.

Ramuan tradisional yang diracik menjadi jamu itu dipercaya dapat menjaga kebugaran dan meningkatkan imun tubuh manusia, hingga dapat melawan virus atau bakteri yang meyerang tubuh.

Masyrakat terus berupaya bersama mencegah virus corona yang belakangan ini menjadi wabah yang menakutkan dan mematikan. “Kami terus berupaya bersama masyarakat mencegah virus corona. Makanya dengan ramuan tradisional ini kita bisa menjaga imun tubuh dengan baik,” terang Herman Wahyudi, warga Pinggir Papas Sumenep.

Pria lajang yang akrab Herman, mengaku bersama warga lainnya berupaya mencegah menyebarnya virus berbahaya itu. Penyemprotan cairan disinfektan ke rumah dan tempat-tempat yang menjadi persinggahan warga hingga pondok pesantren juga telah dilakukan.

Untuk itu jelas Herman, warga jangan sampai panik, tapi tetap saja waspada dan bahu membahu, bergotong royong mencegah penyebaran virus corona. Makanya warga harus diberi edukasi agar benar-benar menjaga hidup sehat. “Seharusnya warga itu diberi pendidikan atau edukasi agar warga sendiri dapat membantu dirinya sendiri secara mandiri,” katanya.

Ramuan tradisional yang diyakini dapat mencegah kebugaran dan meningkatkan imun tubuh bisa jadi memutus rantai penyebaran virus corona. Sehingga warga perlu diberi pemahaman tentang kegunaan dan pembuatan ramuan itu, agar bisa dikonsumsi setiap hari.

“Jadi bagi warga yang belum tahu soal ramuan itu. Kami beri edukasi, supaya semua warga di sini bisa mengonsumsi secara rutin,” ucapnya.

Ramuan madura yang diyakini dapat mencegah penyebaran virus corona bahannya antara lain kunyit, temu lawak, daun sirih, air kapur yang bersih, serta air masak. Cara membuatnya tidak susah, semua bahan yang sudah siap dibersihkan, kemudian dihaluskan dan diambil sarinya, baru dicampur air masak secukupnya.

“Insyaallh jika dengan rutin minum ramuan itu tubuh terasa sehat dan segar. Jadi sangat cocok jika tubuh kita sehat dan mampu melawan virus yang menyerang tubuh. Virus itu tidak bakal mampu melawan tubuh yang sehat,” ungkapnya.

(Imam/M.Ali/red.1)