PWI Kab Bogor Gelar Semiloka Pengembangan Dunia Jurnalistik dan Produk Hukum Pers

126

berantasonline.com (Bogor) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat bekerjasama dengan PWI Kabupaten Bogor, Selasa-Rabu (4-5 September 2018) menggelar Seminar dan Loka Karya (Semiloka), bertema Pengembangan Dunia Jurnalistik dan Produk Hukum Pers yang bertempat di Villa Suwelogiri Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang Kab Bogor.

Semiloka tersebut diikuti oleh 30 Anggota PWI dan beberapa orang peninjau. Ketua PWI Jawa Barat Mirza Zulhadi dalam paparannya antara lain menyampaikan, beberapa produk hukum Pers yang sedang dan akan dijalankan Persatuan Wartawan Indonesia yang telah dibahas dalam Kongres PWI, seperti Pedoman Tingkah Laku Wartawan dalam menjalankan tugas disamping Kode Etik Jurnalistik.

Peserta Semiloka.

Selain itu, turut dibahas tentang kasus-kasus yang menyangkut delik pers dan beberapa ketentuan tentang persyaratan keanggotaan dan peningkatan status keanggotaan PWI, serta adanya penambahan materi Kode Etik Jurnalistik dalam Uji Kompetensi Wartawan.

Wakil Ketua PWI Jabar Bidang Organisasi Mohammad Syafrin Zaini dalam kesempatan itu menyampaikan, beberapa persyaratan menjadi Pengurus PWI Provinsi dan Kabupaten/Kota.

“Menjadi Ketua PWI Provinsi harus lulus Uji Kompetensi Wartawan tingkat Utama dan tidak menjadI Pengurus Parpol, demikian pula untuk Calon Ketua PWI Kabupaten/Kota minimal Lulus Uji Kompetensi Wartawan jenjang Muda dan tidak menjadi pengurus Parpol”, tuturnya.

Ketua PWI Kabupaten Bogor Khoirul Azwar melaporkan, bahwa saat ini PWI Kabupaten Bogor 75 persen anggotanya telah lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) selama kepengurusannya yang akan berakhir awal Oktober 2018.

“Kami telah melaksanakan berbagai pelatihan peningkatan kemampuan Jurnalistik, dan telah melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tahap pertama”, jelasnya.

Ketua PWI Jawa Barat H. Mirza Zulhadi diakhir Semiloka berharap, para Anggota PWI untuk terus meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya dalam menjalankan tugas.

Wapemred berantasonline.com A. Indrawan (kiri), Ketua PWI Jabar Mirza Zulhadi (tengah), Pemred Koran Berantas Bustanul Daham (kanan).

Kegiatan Semiloka ditutup dengan sejumlah perlombaan seperti lomba renang, balap karung, dan makan kerupuk, diiringi hiburan organ tunggal.

(Indrawan/Sam/red.1)