Puput Triana Dicopot, Bupati Probolinggo Digantikan Timbul Prihanjoko

2971

Surabaya, BERANTAS

Setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena dinyatakan terlibat Kasus Korupsi suap, Puput Triana dicopot dari jabatannya sebagai Bupati Probolinggo dan digantikan oleh Timbul Prihanjoko.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Selasa (31/8-2021) bertempat Gedung Grahadi Surabaya, melantik Timbul Prihanjoko sebagai Penjabat Bupati Probolinggo melanjutkan sisa tugas Bupati hingga tahun 2022.

Timbul Prihanjoko adalah Wakil Bupati Probolinggo priode 2018-2022 mendampingi Bupati Puput Triana.

Sebelumnya, Politisi PDI Perjuangan ini telah menduduki jabatan sejak tahun 2013-2018 dimana Puput Triana sebagai Bupati priode pertama.

Sementara itu, Hasan Aminuddin Mantan Bupati Probolinggo dan terakhir sebagai Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem telah diberhentikan dari Partai Nasdem.

Sesuai peraturan Partai Nasdem, mereka yang terlibat Perkara dan ditetapkan sebagai tersangka otomatis dianggap telah mengundurkan diri dan tidak ada urusan dengan Partai Nasdem, sehingga tidak mungkin Partai akan membelanya di Pengadilan nantinya.

Sementara itu, dalam kasus Calon Kepala Desa di Kabupaten Probolinggo telah ditetapkan 22 orang tersangka terdiri 10 orang Calon Kepala Desa, sejumlah Camat termasuk Mantan Bupati Puput Triana dan suaminya Hasan Aminuddin.

Lima tersangka telah dijebloskan dalam Rutan KPK dan berbagai tempat di Jakarta. Kini penyidik KPK sedang bekerja melakukan penyidikan kepada para tersangka dan tidak menutup kemungkinan bakal memborgol tersangka baru kasus suap dan dijebloskan dalam tahanan KPK, sebelum Pengadilan digelar nanti dalam Sidang Tipikor yang akan ditetapkan oleh Majlis Hakim Pengadilan Tipikor di daerah Surabaya atau Jakarta.

(Meidina Sarah/Red.01)