Puluhan Santri di Pondok Pesantren Bojong Sari Terpapar Covid

70

berantasonline.com Depok

Puluhan santri dan pengasuh salah satu pondok pesantren (ponpes) di wilayah Bojongsari, Depok, Jawa Barat, terpapar Covid-19. Berdasarkan informasi yang beredar sekitar 40 orang yang terpapar.

Kepala Dinas Kesehatan Depok, Novarita, saat dihubungi, Kamis (12/11/2020) membenarkan kejadian tersebut dan sudah di isolasi.

Novarita mengungkap penularan itu terjadi lantaran awalnya ada salah satu santri yang terpapar virus Corona. Jadi 39 santri lainnya terpapar Corona.

“Karena namanya di komunitas ya sudah pasti banyak yang terpaparlah, kan kalau pesantren mereka berkumpul di situ,” sambungnya.

Dan sementara itu Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 (GTPPC) Kota Depok, Dadang Wihana pun menjelaskan, saat ini pihaknya sedang melakukan investigasi.

Langkah selanjutnya adalah swab test kepada santri dan pengasuh pondok pesantren (ponpes).

“Dari informasi yang kami dapatkan dari tim, awalnya ada santri yang bergejala kemudian dilakukan swab. Kemudian yang kontak erat kurang lebih ada 60 orang di swab, dan yang positif itu 39,” ungkapnya.

Saat ini mereka yang negatif oleh Puskesmas kecamatan dipulangkan. Sedangkan yang positif diisolasi sementara di pesantren, ujarnya

Untuk santri lainnya yang belum menjalani swab pun kemudian menjalankan isolasi di pesantren. GTPPC Kota Depok akan bekerja sama dengan Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) untuk melakukan swab massal di ponpes tersebut.

“Rencana kita akan kerja sama dengan Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) untuk melakukan swab massal terhadap lebih kurang 300 santri dan pengasuhnya, insya Allah dalam minggu ini,” ujarnya.

Achmad Hudori