Puluhan Angkutan Umum di Terminal Bayangan Cileunyi Jalani Ramp Check, 1 Bus Tidak Laik Jalan Disita

112
Petugas Satlantas Polres Bandung mengecek kelengkapan surat-surat kendaraan.

berantasonline.com (BANDUNG) – Puluhan Angkutan Umum termasuk Bus Pariwisata yang berada di Terminal Bus Bayangan Cileunyi Kabupaten Bandung, Rabu pagi (6/2) sekitar Pukul 10.00 Wib menjalani rangkaian pemeriksaan fisik kendaraan / Ramp Check yang dilakukan jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Bandung bersama Petugas Dinas Perhubungan setempat, untuk memastikan kondisi bus yang beroperasi benar-benar layak jalan sehingga angka kecelakaan lalu lintas dapat ditekan.

Kasat Lantas Polres Bandung, AKP Hasby Ristama kepada berantasonline.com menjelaskan, kegiatan Ramp Check tersebut meliputi surat-surat dan kondisi kendaraan antara lain Ban, Rem, lampu dan kelengkapan kendaraan lainnya.

Hasby menghimbau para pengemudi bus untuk tertib berlalu lintas, memperhatikan rambu rambu, marka jalan, parkir sesuai tempatnya, dan menaik turunkan penumpang harus sesuai aturan.

“Kami juga menghimbau pengemudi untuk tidak mengkonsumsi obat obatan yang membuat pengemudi menjadi hilang kesadaran, mengantuk, lelah dalam mengendarai kendaraan. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas khususnya diwilayah hukum Polres Bandung seperti yang terjadi subuh tadi”, ujarnya.

Bus Kramat Jati Masuk Jurang di Jalan Bypass Cicalengka, 2 Tewas 12 Luka

Adapun total kendaraan bus yang dilakukan ramp check sebanyak 20 unit terdiri dari bus besar 16 unit dan bus sedang 4 unit. Dari total tersebut, 19 unit bus dinyatakan laik jalan dan 1 unit bus tidak laik jalan.

Jumlah Pelanggaran sebanyak 9 e-tilang, barang Bukti yang disita STNK 7 lembar, SIM 1 lembar, dan 1 unit bus besar.

(indrawan)