PT BENJ Rencanakan Bangun Pabrik Wood Pallet di Pesisir Barat

173

Berantasonline.com (Pesisir Barat)

PT. Biomasa Energi Nusantara Jaya berencana bangun pabrik wood pallet di Kabupaten Pesisir Barat.

Rencana tersebut diketahui setelah direktur Bionasa Energi Nusantara Jaya, R Prabawa menyampaikan hal tersebut pada expose PT Bionasa Energi Nusantara Jaya dengan pemerintah kabupaten Pesisiir Barat yang dilaksanakan di ruang rapat Batu Gukhi Kamis (24/6).

Pihak PT Bionasa Energi Nusantara Jaya disambut langsung Bupati Pesisir Barat Agus Istiqlal beserta jajaranya.
Dalam arahanya bupati sangat mendukung pihak PT. Biomasa Energi Nusantara Jaya untuk membangun Pabrik Wood Pallet di Pesisir Barat. Menurut bupati rencana membangun pabrik wood pallet oleh PT Bionasa Energi Nusantara Jaya di Pesisir Barat merupakan salah satu upaya membantu masyarakat dibidang Pertanian dan perekonomian. Karena pada saat ini banyak warga yang memang sudah menami lahanya dengan tanaman kayu sengon

Bupati berharap dengan adanya rencana PT Bionasa energi jaya nusantara membangun pabriknya di Pesisir Barat hasil pertanian nantinya diharapkan bisa bersaing baik kualitas maupun harga sehingga diharapkan dapat meningkatkan taraf perekonomian masyarakat. Kata bupati.

Sementara Direktur Utama PT. Biomasa Energi Nusantara Jaya R. Prabawa, melihat ada kemauan besar para petani di Pesisir Barat dalam menanam lahan mereka terutama tanaman yang yang punya nilai ekonomis tinggi. Dan secaravl tidak langsung mendukung program” Hutan Lestari. Kata Prabawa.

Pengertian Wood Pallet adalah salah satu bahan bakar alternatif yang terbuat dari serbuk kayu, atau bahan kayu.sebagai salah satu alternatif bahan bakar pengganti batu bara.

Bahan baku untuk membuat Wood Pallet ini berasal dari limbah kayu dan juga limbah industri lainya. Mempunyai kadar ligan yang cukup tinggi, sebagai zat perekat alami, penghangat ruangan, memasak serta burner, jelasnya.

Lokasi Pembangunan pabrik Wood Palllet berada di Pekon Sumber Agung Kecamatan Ngambur, dengan luas Tanah seluruhnya : ± 20.000 M2.

Diharapkan manfaat dari Pembangunan pabrik Wood Pallet di kecamatan Ngambur nantinya, antara lain :

1. Penyerapan tenaga kerja.
2. Pemberdayaan ekonomi masyarakat petan/ penggarap.
3. Meningkatkan pertumbahan ekonomi di desa-desa sekitar hutan.
4. Konservasi (Dengan menanam kaliandra, gamal, sengon dan pohon-pohon kayu lainya.
5. Meningkatkan hutan lestari.
6. Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

(Benk)