Proyek Irigasi Desa Tugu Jaya Cigombong Diduga Menyimpang

139

berantasonline.com Bogor

Proyek Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) yang berada di Desa Tugu Jaya Kecamatan Cigombong Kab Bogor, diduga kuat terjadi penyimpangan dalam pelaksanaannya.

Pantauan Wartawan Berantas dilapangan, tidak terpasang papan informasi proyek sehingga terkesan ditutup-tutupi agar masyarakat sekitar tidak mengetahui.

Disamping itu, pembangunan saluran irigasi tersebut dikerjakan tumpang tindih dengan saluran irigasi Wilayah III Ciawi yang juga akan dikerjakan tahun ini.

Bahkan, batu pondasi irigasi yg digunakan ternyata berasal dari sekitar saluran air, bukan dibeli menggunakan anggaran proyek. “Batu itu itung-itung bonus buat saya”, ujar Ketua Gapoktan Desa Tugu Jaya, Ridwan saat dikonfirmasi Wartawan Berantas.

Disamping sebagai Ketua Gapoktan Tugu Jaya, Ridwan juga ternyata merupakan Pendamping Desa Kecamatan Cijeruk. Padahal berdasarkan aturan yang ada, seorang Pendamping Desa tidak diperbolehkan memegang jabatan lain.

Dari penelusuran Wartawan Berantas, proyek tersebut berasal dari program Kementerian PUPR Ditjen Sumber Daya Air, Balai Besar Wilayah Ciliwung Cisadane, menggunakan dana APBN bernilai sekitar Rp 195 juta, yang dikerjakan kontrak pada tanggal 7 april tahun 2021.

Ketua LMS PAR (Pengembangan Aspirasi Rakyat), Khotman Idris,SH mendesak agar penegak hukum untuk bergerak melakukan penyelidikan untuk menghindari terjadinya tindak pidana korupsi dalam proyek tersebut.

(HELMI/RED.2)