Program SLBM di Kota Serang Sukses Wujudkan Lingkungan Bersih dan Sehat

95

berantasonline.com(Banten) – Warga Kelurahan Gelam Kecamatan Cipocok jaya Kota Serang belum lama ini mendapatkan bantuan program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM) dan Pembangunan IPAL KOMUNAL yang dapat mengatasi pencemaran limbah dari lingkungan kumuh menjadi lingkungan bersih dan sehat pada tahun 2018, yang dialokasikan ke Kampung Kandang Kurung RT 01.

Medi anggota KSM HIDAYATURROHMAN menuturkan bahwa wilayah kelurahan gelam awalnya masuk zona merah, kategori paling terkumuh di kota serang, “Tapi dengan adanya program tersebut dapat teratasi. Sekarang ini berubah warna menjadi kuning”, tuturnya.

Medi mengharapkan, pemerintah kota serang di tahun 2019 dapat mengalokasikan kembali program yang sama, mengingat kelurahan gelam kecamatan Cipocok jaya kota serang ini sangat miris menghadapi lingkungan kumuh di beberapa kampung yang masih belum teratasi, “Diantaranya kampung kandang kurung RT 04/04, kampung taneko RT 03/04 dan kampung cigintung RT 02/06”, harap medi.

Sementara itu, Tofik tokoh masyarakat kampung pakel, mengaku sanitasi KOMUNAL sangat penting dalam rangka mewujudkan lingkungan masyarakat yang bersih, tadinya yang biasa dilakukan masyarakat membuang air di sembarang tempat dan lingkungan menjadi kumuh sekarang tidak lagi.

“Dengan adanya program SLBM ini, tidak ada lagi yang membuang air sembarangan lingkungan menjadi bersih dan sehat, ini sudah di buktikan di kampung pakel kelurahan gelam program tahun 2017, dengan harapan pemerintah kota serang dapat melanjutkan program ini ke kelurahan gelam”, pintanya.

(Nur.w)