Program Banpres Produktif untuk Usaha Mikro Diperpanjang hingga November, Segera Daftar BLT UMKM RP 2,4 Juta

70

Berantasonline.com (Agam-Sumbar)

Pemerintah memberikan berbagai bantuan kepada masyarakat selama pandemi Covid-19. Salah satunya Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop).

BLT atau Banpres Produktif sebesar Rp 2,4 juta itu diberikan pada para pelaku usaha kecil menengah mikro (UMKM). Bantuan itu diperpanjang hingga akhir November 2020.

Pendaftaran untuk mendapatkan BLT UMKM masih dibuka berdasarkan Surat Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Nomor: 491/SM/X/2020 tanggal 06 Oktober 2020 disampaikan bahwa Kementerian Koperasi dan UKM Cq. Deputi Pembiayaan telah mengajukan usulan penambahan anggaran Program BPUM, kata Sekretaris Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Agam, Aguska Rabu (21/10/2020).

ia menjelaskan, yang berhak menerima bantuan tersebut adalah pelaku usaha tergolong usaha mikro. Pada tahap sebelumnya, sebanyak 13.409 pelaku usaha mikro di Kabupaten Agam sudah terdaftar sebagai penerima. Kesemua calon penerima itu tengah melakukan tahapan verifikasi pencairan dan mematuhi standar kesehatan Covid-19.

Periode kedua ini, pihaknya telah menyurati Pemerintah Kecamatan yang diteruskan ke tingkat nagari, untuk membantu mengumpulkan data pelaku usaha.

“Jadi yang namanya sudah terdaftar, akan mendapatkan SMS pemberitahuan dari BRI atau BNI. Bagi yang belum harap bersabar, kami sudah koordinasikan dengan pihak bank”, pungkasnya.

(Delco Fitril, S.IP)