Prestasi WTP 5 Kali Berturut-turut, Pemkab Agam Diganjar Penghargaan Kementerian Keuangan

35

berantasonline.com Sumbar

Pemerintah Kabupaten Agam Provinsi Sumatera Barat, menerima plakat dan piagam penghargaan dari Kementerian Keuangan.

Plakat dan piagam penghargaan diserahkan Kepala KPPN Bukittinggi, Henry R Purba kepada Pjs Bupati Agam, Benny Warlis, didampingi Asisten II Setda Agam, Yosefriawan, Asisten III Setda Agam, Junaidi, Inspektur Agam, Dafrines, Kepala Bappeda Agam, Welfizar, Kepala Bakeuda Agam, Hendri G, di ruang kerja Bupati Agam, Selasa (27/10/2020).

Kepala KPPN Bukittinggi, Henry R. Purba mengatakan, piagam ini merupakan bentuk apresiasi dari Kementerian Keuangan kepada Pemerintah Kabupaten Agam, atas keberhasilannya menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun anggaran 2019, dengan capaian predikat wajar tanpa pengecualian (WTP).

“Sedangkan plakat ini diberikan karena Kabupaten Agam telah meraih prestasi WTP selama 5 tahun berturut-turut,” ujarnya.

Henry menjelaskan, penghargaan ini hanya diberikan kepada kabupaten/kota yang meraih WTP sebanyak 5 kali berturut-turut.

“Semoga Pemerintah Kabupaten Agam dapat mempertahankan prestasi ini kedepannya, untuk selalu dapat meraih WTP,” harapnya.

Sementara itu, Pjs Bupati Agam, Benny Warlis mengucapkan syukur dan berterimakasih atas apresiasi Pemerintah Pusat dalam hal ini Menteri Keuangan terhadap kinerja penyusunan laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Agam.

“Alhamdulillah, ini merupakan prestasi yang luar biasa, atas kerja keras dari SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Agam, yang telah bekerja secara maksimal,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa opini WTP yang dicapai ini, merupakan bukti nyata pengelolaan keuangan daerah yang berkualitas.

“Opini WTP adalah penilaian tertinggi atas kualitas pengelolaan keuangan yang menjamin bahwa informasi keuangan telah disajikan secara wajar, sesuai standar akuntansi pemerintahan. Hal ini harus terus dijaga dan dipertahankan dalam proses pertanggungjawaban anggaran dan memastikan semuanya disajikan secara transparan dan akuntabel,” jelasnya.

Benny Warlis berharap, prestasi ini hendaknya menjadi motivasi bagi segenap unsur di lingkungan Pemerintah Kabupaten Agam untuk lebih meningkatkan kinerja kedepannya.

Diinformasikan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Agam dalam penyusunan dan penyajian laporan keuangan daerah telah mendapatkan predikat WTP selama 6 kali berturut-turut sejak tahun 2014 yang lalu.

(Bj Rahmat)