Presiden Jokowi Buka PKU Kabupaten Bogor Angkatan Ke XII

88

berantasonline.com (Bogor) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Pendidikan Kader Ulama (PKU) MUI Kabupaten Bogor angkatan ke XII di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Bogor, Rabu (08/08).

Acara bertemakan Mencetak Kader Pemimpin Muslim Berparadigma Washathiyah ini dihadiri Ketua Umum MUI Pusat, KH. Ma’ruf Amin, Ketua Umum MUI Jawa Barat, Prof. Dr. KH. Rahmat Syafe’i dan ribuan alim ulama serta jajaran Muspida Kabupaten Bogor.

Dalam sambuatannya Presiden Jokowi menyatakan, ia meng apresiasi konsistensi MUI Kabupaten Bogor dalam menyelenggarakan program Pendidikan Kader Ulama hingga angkatan XII tahun ini.

Saya kagum dengan capaian MUI Kabupaten Bogor yang mampu mempertahankan PKU, belum ada capaian serupa yang mampu dilakukan di MUI wilayah lain, ungkapnya.

PKU yang digagas MUI Kabupaten Bogor merupakan program kaderisasi ulama masa depan. Kader-kader ulama terbaik di setiap kecamatan, tokoh Ormas, dan utusan pesantren se Kabupaten Bogor ditempa selama 4 bulan dengan materi-materi keislaman dan kebangsaan.

Tujuan PKU ini agar mereka menjadi kader-yang mampu mengimplementasikan nilai-nilai keislaman berhaluan wasathiyah (moderat), menjadi pionir bagi kebangkitan umat, dan menjadi solusi bagi problematika keummatan.

Setiap angkatan, PKU diikuti oleh 50 peserta pilihan, yang sebelumnya telah dinyatakan lulus seleksi dari ratusan kader ulama yang mendaftar. Pada pelaksanakan seleksi, ratusan peserta diuji keilmuan dari banyak aspek dan wawasan kebangsaannya oleh para Kyai-kyai sepuh dan pakar, baik lisan maupun tulisan.

Jargon Khodimul Ummah (Pelayan Ummat) merupakan misi utama dilaksanakannya PKU MUI Kabupaten Bogor. Kader PKU adalah orang yang memiliki integritas ilmu, adab amal. Juga, tentu saja sebagai kader yang komitmen terhadap prinsip-prinsip kebangsaan.

Dikatakan, konsistensi PKU MUI Kabupaten Bogor harus dicontoh oleh daerah lain agar kader-kader ulama ini menjadi pemimpin muslim yang menjunjung tinggi nilai-nilai Islam Wasathiyah. Kenapa, karena Indonesia butuh kader-kader ulama ini, ujar Presiden.

Turut hadir antaralain Ketua Umum PPP H. M. Romahurmuziy, KSP Moeldoko, Bupati Bogor Hj. Nurhayanti, Ketua MUI Kabupaten Bogor, H. Ahmad Mukri Aji, Bupati terpilih Ade Munawaroh, serta dari dinas instansi terkait di Kabupaten Bogor. (Sam)