Pramuka SMPN 2 Baros Serang Berpengalaman Hingga Tingkat Nasional

190

berantasonline.com (Serang Banten)

Gerakan Pramuka di SMPN 2 Baros Kab Serang sudah mengikuti beragam kegiatan, dari cabang daerah, kabupaten, provinsi sampai tingkat nasional.

Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda yang senantiasa mengembangkan pendidikan dan pembinaan watak serta keterampilan prinsip prinsip dasar.

Een, guru pembina Pramuka kepada Wartawan berantasonline.com Kamis 27/2 di kantornya mengatakan, pendidikan kepramukaan memiliki tujuan untuk mendidik, melatih dan mengembangkan baik spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik.

“Bermacam kegiatan kepramukaan sudah di selenggarakan secara rutin dan berkelanjutan diantaranya kepahlawanan, petualangan dan penjelajahan alam baik secara regu atau kelompok aktualisasi diri melalui pentas seni budaya, bidang ilmu pengetahuan kepedulian sosial, pemantapan iman dan taqwa kepada Tuhan yang maha esa”, jelas Een.

Een menerangkan, pernah juga mengikuti jambore Nasional di Cibubur tahun 2016, kemah nasional di Bogor tahun 2018 latihan kuarsa di kecamatan baros tahun 2019 jambore cabang Pamarayan tahun 2019 jambore daerah cikujang, kemah milenia nasional di Bogor pelantikan penggalang Ramu di kapal bosok Curug kota serang, latihan gabungan antar kabupaten dan upacara ulang tahun Pramuka Kwaran Baros.

“Namun kegiatan ini masih menggunakan anggaran dari hasil iuran anggota Pramuka dan guru, belum ada anggaran dari pemerintah atau pihak manapun, kami memiliki harapan pemerintah dapat menganggarkan, atau donatur dari perusahaan swasta untuk dapat membantu kepada generasi penerus bangsa”, harap Een, guru pembina Pramuka.

Mistri, Wakil Kepala SMPN 2 Baros Bidang Kesiswaan membenarkan keluhan pendanaan kegiatan Pramuka yabg belum terpenuhi sampai sekarang, “Sedangkan kegiatan Pramuka itu sangat penting”, tuturnya.

(RS)