Pramuka Saka Wira Kartika Bersama TNI Lakukan Tanam Vetiver Dalam Giat TMMD Ke-110 Kodim 0607/Kota Sukabumi

36

berantasonline.com (Sukabumi) – Puluhan anggota Pramuka Saka Wira Kartika se-Kabupaten Sukabumi ikut andil dalam pelaksanaan TMMD Ke-110 Kodim 0607/Kota Sukabumi di Kampung Kebonpanjang Desa Sundawenang Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi.

Para anggota Pramuka bersama TNI bersinergi melakukan penanaman rumput vetiver guna memperkuat struktur tanah serta mengantisipasi terjadinya longsor, pasalnya yang ditanam vetiver tersebut tanah tebing dengan ketinggian kurang lebih 4 meter.

Rumput vetiver sangat efektif mencengkeram tanah yang berfungsi sebagai tanaman pencegah erosi sehingga tidak mudah longsor, akarnya bisa mencapai lebih dari dua meter menuju kedalaman tanah.

“Rumput vetiver berfungsi sebagai penahan longsor dan pencegah erosi, sekarang sudah banyak yang membuktikan”, demikian dikatakan Muhamad salah satu anggota Pramuka Saka Wira Kartika, Senin (15/3/2021).

Lebih lanjut Muhamad mengatakan, Sebagai generasi penerus, kami bangga bisa ikut andil dalam kegiatan TMMD yang diselenggarakan Kodim 0607/Kota Sukabumi meskipun hanya membantu dalam penanaman rumput vetiver, terlebih kami ini binaannya.

“Ya, kami bangga bisa ikut andil, meski hanya menanam rumput vetiver. Semoga bisa bermanfaat, apalagi rumput tersebut bisa mencegah longsor”, ujarnya.

Terkait program TMMD muhamad berharap, “kedepannya bisa dilaksanakan lebih dari ini, agar masyarakat yang berada di pelosok bisa merasakan hasil dari TMMD. Program TMMD ini sangat bagus sehingga bisa membantu memajukan perekonomian masyarakat”, pungkasnya.

(Riswan)